Kompas TV regional berita daerah

Tak Perlu Ragu Ikut Vaksinasi, Ini Kata Pakar UGM

Kompas.tv - 13 Januari 2021, 21:36 WIB
tak-perlu-ragu-ikut-vaksinasi-ini-kata-pakar-ugm
Ilustrasi pengecekan status NIK dalam program Vaksinasi Covid-19. Jangan ragu ikut vaksinasi. (Sumber: pedulilindungi.id (Kompas.tv/Gading Persada))
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Pakar Imunologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Deshinta Putri Mulya mengatakan masyarakat tidak perlu ragu ikut vaksinasi. Alasannya, vaksin Sinovac yang diberikan pemerintah secara gratis sudah dipastikan keamanannya.

“Penelitian klinis untuk vaksin telah dilakukan secara teliti dan penuh kehati-hatian serta mempertimbangkan berbagai aspek,” ujarnya dalam siaran pers talkshow kesehatan RSA UGM, Rabu (13/1/2021).

Ia menilai vaksinasi Covid-19 memerlukan kerja sama yang baik antara pemerintah, fasilitas pelayanan vaksin, dan masyarakat. Tujuannya, supaya herd immunity atau kekebalan kawanan bisa tercapai dan pandemi Covid-19 segera berakhir.

Baca Juga: Vaksinasi di DIY, Berikut 10 Tokoh Vaksin Perdana di Kabupaten Sleman

Menurut Deshinta masyarakat harus mengikuti dan memahami informasi dari sumber yang kompeten sehingga tidak ragu ikut vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukan dokter, perawat, maupun bidan yang memiliki kompetensi dan sudah sesuai dengan prosedur.

“Pemberian vaksin didahului dengan screening status kesehatan, ada penyakit penyerta atau status Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Dokter Spesialis Paru RSA UGM Siswanto mengungkapkan saat ini kasus Covid-19 berat dan kritis terus meningkat dari waktu ke waktu, sedangkan kapasitas perawatan di rumah sakit terbatas.

“Ikut vaksinasi jadi salah satu solusi tetapi tetap tidak boleh lengah dan harus menerapkan 3M,” tuturnya.

Baca Juga: Mengintip Persiapan Vaksinasi di DIY



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x