Kompas TV regional peristiwa

Minibus yang Ditumpangi 9 Pasien Covid-19 Terguling di Tol Jagorawi, Penyebabnya Sopir Kelelahan

Kompas.tv - 13 Januari 2021, 19:06 WIB
minibus-yang-ditumpangi-9-pasien-covid-19-terguling-di-tol-jagorawi-penyebabnya-sopir-kelelahan
Ilustrasi kecelakaan kendaraan (Sumber: SHUTTERSTOCK via Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebanyak sembilan  pasien Covid-19 tanpa gejala mengalami kecelakaan tunggal saat minibus yang ditumpangi terguling di KM 42 Tol Jagorawi, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/1/2021).

Kepala Unit Laka Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Jagorawi Ipda Bayu menjelaskan kecelakan kendaraaan yang berisi rombongan pasien Covid-19 lantaran sopir kendaraan kurang konseterasi saat melintas di jalan yang menikung.

Sebelum terguling kendaraan sempat oleng. Hasil olah tempat kejadian perkara diduga sopir minibus dengan nomor polisi F 7089 A itu dalam keadaan kelelahan.

Baca Juga: Kecelakaan Tunggal Tol Cipali: Mobil Elf Terguling Diduga Sopir Ngantuk, 4 Tewas

Rencananya pasien Covid-19 tanpa gejala ini akan untuk menjalani perawatan di tempat isolasi khusus Covid-19.

“Kendaraan melintas samping GT (Gerbang Tol) Bogor 1, oleng dan terbalik," ujar Bayu saat dikonfirmasi, Rabu (13/1/2021). Dikutip dari Kompas.com.

Akibat kecelakaan itu, sembilan pasien Covid-19 beserta sopir mengalami luka-luka. Minibus yang ditumpangi ikut jadi korban kelalaian sopir dengan kerusakan pada bagian kaca depan.

Di kesempatan yang berbeda, Kapolresta Bogor Kota Komisaris Besar Susatyo Purnomo Condro menjelaskan pasien tersebut rencananya akan menjalani isolasi di kawasan BNN, Lido, Kabupaten Bogor.

Baca Juga: KNKT Ungkap Kondisi Sriwjaya Air Sesaat Sebelum Kecelakaan

Adapun tujuh pasien Covid-19 korban kecelakaan kini mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor. Sementara dua pasien korban lainnya sudah dibawa ke tempat isolasi di BNN Lido.

Susatyo memastikan korban kecelakaan tersebut ditangani sesuai dengan protokol kesehatan oleh RSUD Kota Bogor.

“Korban yang dibawa ke rumah sakit masih dirawat karena alami luka ringan. Nanti setelah semuanya dalam kondisi sehat segera dibawa ke Lido," ujarnya.

Ia juga menyatakan peristiwa ini kecelakaan minibus yang membawa pasien Covid-19 ini menjadi bahan evaluasi.

Baca Juga: Menkes Budi Gunadi: Tolong Rumah Sakit Tambah Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19

"Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan pengawalan 24 jam bagi kendaran-kendaraan yang akan mengangkut pasien Covid-19 dari Kota Bogor menuju ke tempat isolasi di BNN Lido," ujar Susatyo.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x