Kompas TV nasional peristiwa

Awal Pekan Depan, Calon Tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan

Kompas.tv - 13 Januari 2021, 19:03 WIB
awal-pekan-depan-calon-tunggal-kapolri-komjen-listyo-sigit-jalani-uji-kelayakan-dan-kepatutan
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo (tengah) saat menjelaskan prose penyerahan barang bukti dan tersangka kasus dugaan korupsi penjualan kondensat oleh PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di gedung Bareskrim, Jakarta, Kamis (30/1/2020). (Sumber: KOMPASTV)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis akan digelar pekan depan. 

Baca Juga: Ini Pertimbangan Presiden Jokowi Ajukan Komjen Listyo sebagai Calon Kapolri

Hal itu sebagaimana disampaikan Ketua Komisi III DPR Herman Hery usai rapat internal Komisi III, Rabu (13/1/2021).

Herman Hery mengatakan, sebelum memulai uji kelayakan dan kepatutan, Komisi III akan mengundang Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menerima berbagai masukan.
 
"Besok kami akan mengundang RDPU PPATK dan Kompolnas. Tujuan RDPU tersebut adalah untuk meminta masukan dari masyarakat. Nah RDPU besok, kita akan mulai jam 11 kira-kira," ujar Herman, Rabu, kepada awak media. 

Herman menjelaskan, rangkaian uji kelayakan dan kepatutan akan digelar pada Senin, 18 Januari 2021. 

"Berikutnya hari Senin calon akan diundang ke sini untuk membuat makalah, 1-2 jam pembuatan makalah itu, lalu hari Selasa akan dilakukan fit and proper test," tutur Herman.

Herman melanjutkan, uji kelayakan dan kepatutan pada Selasa mendatang akan dimulai pukul 10.00 WIB dengan dua sesi pagi dan siang. 

Berdasarkan hal tersebut, ia berharap, setelah uji dilakukan, Komisi III dapat segera membuat keputusan menolak atau menerima calon Kapolri yang diajukan Presiden Jokowi. 

Baca Juga: Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo Berstatus Non Muslim, Ini Kata PBNU

"Kami harapkan di hari Selasa itu, sore harinya sudah bisa komisi III rapat untuk membuat keputusan menolak atau menerima calon yang diajukan oleh presiden," kata Herman.

Sebagaimana diketahui, akhirnya Presiden Jokowi menyampaikan usulan nama calon tunggal Kapolri ke DPR RI, hari ini, Rabu (13/1/2021). 

Teka-teki ini terjawab bahwa nama Komjen Listyo Sigit Prabowo dipilih sebagai calon tunggal Kapolri. 
Listyo saat ini menjabat sebagai Kepala Bareskrim Polri. 

"Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri dengan nama tunggal yaitu Bapak Drs Listyo Sigit Prabowo MSi yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," kata Ketua DPR Puan Maharani dalam konferensi pers di Gedung DPR.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x