Kompas TV nasional peristiwa

Bukan Berwarna Hitam dan Sempat Dikira Mata-Mata, Ini Sejarah Black Box

Kompas.tv - 12 Januari 2021, 18:19 WIB
bukan-berwarna-hitam-dan-sempat-dikira-mata-mata-ini-sejarah-black-box
Penemuan bagian Black Box dari pesawat (Sumber: KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.COM - Kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, pada Sabtu (9/1/2021) sekitar pukul 14.40 WIB, telah ditemukan.

Tidak seperti yang diketahui publik, kotak ini justru bernama oranye dan bernama asli flight recorder. Ada dua jenis perekam ini: flight data recorder (FDR) yang menyimpan belasan data pesawat saat terbang dan cockpit voice recorder (VCR) yang merekam suara di dalam kokpit.

Baca Juga: Begini Penampakan Black Box Sriwijaya Air SJ-182 yang Ditemukan Petugas

Ide pembuatan alat ini berasal dari David Warren. Saat berusia enam tahun, ayahnya meninggal dalam kecelakaan pesawat. Namun, sebelum meninggal ayah David sempat memberinya radio Kristal.

Benda itu membuat David jatuh cinta dengan dunia sains. Ketika dewasa, ia bekerja sebagai peneliti Laboratorium Penelitian Aeronautika Melbourne.

Suatu kali ia terlibat dalam investigasi kecelakaan 3 pesawat jet komersial pertama di dunia, Comet.

Ketika itu, ia berpikir, andai saja ada alat yang dapat mengetahui saat-saat kritis sebelum kecelakaan pesawat. Hal itu tentu akan membantu pilot dan maskapai penerbangan agar menghindari kecelakaan di masa depan.

Ia menceritakan ide itu pada teman dan atasannya di kantor. Namun, mereka tak tertarik.

Baca Juga: Black Box Sriwijaya Air Berhasil Ditemukan, Sedang Dibawa ke JICT

Pada 1954 David kemudian menuliskan laporan berisi gambaran teoritis model awal black box. Ia menulis, alat itu dapat menyimpan empat jam rekaman suara dan data penerbangan.

Namun, ia mendapat penolakan, ketika menawarkan black box pada maskapai penerbangan. Para pilot takut alat itu dapat menjadi alat mata-mata.

Black box baru mendapat kesempatan ketika David bertemu Robert Hardingham, Eksekutif Kepala Air Registration Board Inggris. Sir Robert memahami pentingnya penemuan itu. Ia pun mengundang David untuk menunjukkan cara kerja alat itu di Inggris.

Baca Juga: Momen Evakuasi Black Box Sriwijaya Air SJ182 yang Ditemukan Tim Gabungan

Beberapa tahun kemudian, black box rilis di pasaran. Perusahaan Inggris S. Davall and Sons menjual alat itu dengan nama Red Egg.

Nama itu terinspirasi bentuk dan warnanya yang dirancang agar mudah ditemukan di lokasi kecelakaan pesawat.

Pada akhir dekade 1960, otoritas Australia mewajibkan penggunaan alat itu di seluruh pesawat negara itu. Setelah itu, black box wajib terpasang di pesawat berpenumpang seluruh dunia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x