Kompas TV nasional peristiwa

Longsor Sumedang, Kemensos Gelontorkan Dana Lebih dari Rp1 Miliar

Kompas.tv - 11 Januari 2021, 15:35 WIB
longsor-sumedang-kemensos-gelontorkan-dana-lebih-dari-rp1-miliar
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyerahkan bantuan kepada salah satu korban tanah longsor di di Perum Pondok Daud, Kampung Bojongkondang, RT 3 RW 10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang (Sumber: kemensos.go.id)
Penulis : Gading Persada | Editor : Eddward S Kennedy

SOLO, KOMPAS.TV- Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) telah melakukan empat langkah penting untuk penanganan bencana longsor yang terjadi di Perum Pondok Daud, Kampung Bojongkondang, RT 3 RW 10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Salah satunya dana bencana lebih dari Rp1 miliar digelontorkan untuk mengatasi bencana yang tercatat sudah menewaskan setidaknya 15 orang serta puluhan warga lainnya masih dalam pencarian itu.

“Sejak bencana terjadi, kami melalui Tagana telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial di wilayah terdampak tanah longsor tentang aktivitas penanganan dan mengamati situasi terkini,” kata Direktur PSKBA Syafii Nasution sebagaimana dikutip Kompas.tv dari laman kemensos.go.id, Senin (11/1/2021).

Langkah selanjutnya adalah pengerahan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan unsur Kampung Siaga Bencana (KSB) untuk melakukan pendataan korban, serta evakuasi korban ke tempat aman, khususnya kelompok rentan yang terdiri atas lansia, anak-anak, penyandang disabilitas.

Baca Juga: Mensos Desak Petugas Segera Evakuasi Korban Longsor Sumedang

“Kami juga melakukan pendistribusian logistik dan beras regular untuk pemenuhan kebutuhan dasar korban bencana banjir yang bersumber dari Gudang Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat,” kata dia.

Direktorat PSKBA, lanjut dia, juga mengaktivasi pelayanan dapur umum lapangan dan layanan dukungan psikososial yang berpusat di SD Cipateuag untuk penyiapan nasi bungkus sebanyak 500 pcs.

Total bantuan yang telah disalurkan untuk penanganan bencana sebesar Rp1.053.703.150. Terdiri dari Bantuan Logistik Tanggap Darurat sebesar Rp888.671.350; Beras Reguler sebanyak 3.000 dengan nilai Rp31.800.000; dan Santunan Ahli Waris untuk 11 orang dengan indeks Rp15 juta/ahli waris sebesar Rp165.000.000. 

Baca Juga: Usai Bantu Evakuasi di Longsor Sumedang, Danramil Cimanggung Turut Jadi Korban



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x