Kompas TV nasional sosial

Presiden Jokowi: Yang Tidak Mau Disuntik Vaksin Corona Akan Merugikan Orang Lain

Kompas.tv - 9 Januari 2021, 11:07 WIB
presiden-jokowi-yang-tidak-mau-disuntik-vaksin-corona-akan-merugikan-orang-lain
Presiden Jokowi akan menjadi orang pertama yang menerima suntikan vaksin corona. (Sumber: Instagram @jokowi)

BOGOR, KOMPAS.TV - Presiden Jokowi mengajak masyarakat agar bersedia untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Kalau ada yang tidak mau divaksin tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga merugikan orang lain," kata Jokowi dalam acara pemberian bantuan modal kerja di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/1/2021).

Menurut Jokowi, vaksinasi penting untuk membentuk kekebalan komunitas atau herd immunity guna menghentikan penyebaran virus corona.

Untuk meyakinkan masyarakat, Jokowi pun bersedia menjadi penerima pertama vaksin Covid-19. Kemudian vaksinasi berlanjut pada dokter, perawat, dan masyarakat umum.

Baca Juga: MUI: Meski Vaksin Sinovac Halal, Tapi Belum Final

"Januari disuntik 5,8 juta, total nantinya yang disuntik 182 juta, dua kali disuntik. Dua kali berarti vaksinnya butuh dua kali 182 juta, hampir 400 juta disuntik untuk kebutuhan vaksinnya," kata dia.

Rencananya vaksinasi bisa akan dimulai pada pekan depan. Nantinya, akan ada 182 juta penduduk Indonesia yang akan divaksin.

"Kalau yang divaksin sudah 182 juta itu 70 persen dari penduduk Indonesia terjadi kekebalan komunal, Insya Allah Covid-nya setop," katanya.

Sejauh ini pemerintah masih menunggu izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin.

Presiden Joko Widodo menyatakan izin dari BPOM tersebut akan keluar pada minggu ini dan paling lambat pada minggu depan. Jika izin dari BPOM telah keluar, vaksinasi akan dilakukan secara serentak.

Baca Juga: Terkait Vaksinasi, SBY Ingatkan Jangan Sampai Masyarakat Hilang Kepercayaan Pada Pemerintah

Sebelum izin keluar, Presiden Jokowi meminta pemerintah daerah untuk bersiap menjalankan program vaksinasi ini di wilayah masing-masing.

"Saya minta kesiapan-kesiapan kita dalam rangka menuju vaksinasi ini betul-betul agar dicek dan dikontrol oleh para gubernur," ujar Presiden Jokowi.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x