Kompas TV nasional peristiwa

MUI: Meski Vaksin Sinovac Halal, Tapi Belum Final

Kompas.tv - 8 Januari 2021, 18:08 WIB
mui-meski-vaksin-sinovac-halal-tapi-belum-final
Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) saat menyampaikan fatwa terbaru tentang pemanfaatan harta zakat, infak, dan shadaqah untuk penanggulangan Covid-19 dan dampaknya. Dari kiri ke kanan: KH. Dr. Abdul Rahman Dahlan, KH. Dr. Asrorun Niam Sholeh, Prof. Dr. Huzaemah Tahido Tanggo, KH. Dr. Hamdan Rasyid. (Sumber: Dok MUI Pusat)
Penulis : Iman Firdaus


JAKARTA, KOMPAS.TV-  Komisi Fatwa MUI Pusat akhirnya menetapkan Vaksin Covid-19 produksi Sinovac Halal dan Suci untuk digunakan. 

"Yang terkait aspek kehalalan, setelah dilakukan diskusi panjang penjelasan auditor, rapat Komisi Fatwa menyepakati bahwa vaksin Covid-19 yang diproduksi Sinovac Lifescience yang sertifikasinya diajukan Biofarma suci dan halal,” ujar Ketua MUI Bidang Fatwa KH. Asrorun Niam Sholeh,  di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (8/1/2021) dilihat di laman mui.or.id

Baca Juga: MUI: Vaksin Sinovac Hukumnya Suci dan Halal


Meski fatwa halal sudah keluar, kata Niam,  fatwa ini belum final karena masih menunggu izin keamanan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) erkait keamanan (safety), kualitas (quality), dan kemanjuran (efficacy).


Menurut Niam, terkait kebolehan penggunaannya, juga  sangat terkait dengan keputusan mengenai aspek keamanan, kualitas, dan efficacy BPOM. 

"Ini akan menunggu hasil final kethoyibannya. Fatwa utuhnya akan disampaikan setelah BPOM menyampaikan mengenai aspek keamanan untuk digunakan, apakah aman atau tidak, maka fatwa akan melihat,” ujarnya.

Baca Juga: Pengakuan Kastubi, Tunawisma yang Ditemui Mensos Risma Saat Blusukan

Jadi, setelah halal (MUI), vaksin pun harus thoyib (keputusan BPOM)

Niam merinci, rapat yang diikuti pimpinan dan anggota Komisi Fatwa MUI Pusat tersebut, hanya membahas menetapkan kesesuaian syariah Vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Sinovac Lifescience  Ada tiga vaksin produksi Sinovac yang didaftarkan yaitu Coronavac, Vaccine Covid-19, dan Vac2 Bio.

“Artinya yang kita bahas hari ini adalah mengenai produk vaksin Covid-19 dari produsen Sinovac ini bukan yang lain. Pembahasan diawali dari audit dari auditor,” ungkapnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x