Kompas TV regional berita daerah

Institut Teknologi Sumatera Resmikan Laboratorium PLTS Terbesar di Indonesia

Kompas.tv - 8 Januari 2021, 12:37 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Institut Teknologi Sumatera atau ITERA resmi memiliki pembangkit listrtik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 1 mega watt peak (MWp).

Peresmian ini dilakukan pada Kamis (7/01/2021) lalu, atas kerja sama ITERA dengan dua perusahaan pendukung yakni PT Wijaya Karya dan PT Surya Utama Nuansa.

PLTS dibangun di atas lahan seluas 1 hektar di Kawasan Kampus ITERA ini kedepan akan diperuntukan sebagai pusat penelitian energi terbarukan, serta akan difungsikan sebagai laboratorium penelitian mahasiswa ITERA.

Profesor Ofyar Z Tamin, Rektor Institut Teknologi Sumatera menyebut pendirian PLTS ini sebagai harapan agar ITERA menjadi pusat munculnya inovasi dan riset baru tentang energi surya dan energi terbarukan.

Peresmian PLTS dilakukan bersamaan dengan peresmian Indonesian Continuously Operating Reference Station (INA-CORS) yang merupakan hasil kerja sama antara ITERA dan Badan Informasi Geospasial.

Kerja sama ini yang  merupakan sebagai wujud kolaborasi untuk mendukung penelitian di bidang ilmu kebumian, sehingga memperkaya keilmuan mahasiswa dan akademisi ITERA serta memaksimalkan pemanfaatan Ina Cors secara nasional.

Baca Juga: Aksi Pencuri Motor Bersenjata Api Terekam CCTV

Pendirian PLTS ini juga akan mendukung ITERA menjadi kampus yang mandiri dalam bidang energi dan sebagai kampus yang memiliki laboratorium PLTS terbesar di Indonesia.

#PLTS #Teknologi #Pembangkitlistrik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x