Kompas TV nasional politik

Siapa Sosok Pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis? Ini Kata Komisi III DPR RI

Kompas.tv - 6 Januari 2021, 20:27 WIB
siapa-sosok-pengganti-kapolri-jenderal-idham-azis-ini-kata-komisi-iii-dpr-ri
Ilustrasi calon Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepada calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Pangeran Khairul Saleh meminta agar dapat menuntaskan kasus penembakan enam laskar Front Pembela Islam (FPI).

Baca Juga: DPR: Usai Reses, Kita Bahas Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri

Menurut Khairul Saleh, tugas calon Kapolri baru nanti banyak yang harus segera dituntaskan.

"Namun yang menjadi perhatian publik dan kita semua menunggu kelanjutan dari penyelesaian kasus-kasus adalah penembakan 6 laskar FPI," ujar Khairul Saleh, saat dihubungi awak media, Rabu (6/12/2020).

Khairul Saleh juga meminta Kapolri pengganti Idham Aziz yang bakal pensiun pada 1 Februari 2021 mendatang dapat segera menuntaskan kasus pembunuhan satu keluarga di Sigi, Sulawesi Tengah.

"Segera juga dapat menuntaskan perkara pidana pembunuhan satu keluarga di Sigi, Sulawesi Tengah oleh kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT)," tuturnya.

Yang tak kalah penting lagi, Kapolri baru nanti diharapkan dapat melanjutkan agenda reformasi polri untuk meningkatkan profesionalisme dalam menjaga keamanan maupun penegakan hukum serta mengedepankan hak asasi manusia.

"Sosok Kapolri baru nanti hendaknya mempunyai rasa nasionalis, demokratis, dan dapat mewujudkan Polri yang profesional serta terpercaya, tidak mempunyai catatan buruk di mata publik, dimana sosoknya mendapat tempat di masyarakat," kata Khairul Saleh.

"Jika dia memimpin Polri masyarakat merasa nyaman serta figurnya benar-benar tauladan, serta dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada lembaga penegak hukum," imbuhnya.

Baca Juga: Bocoran Anggota DPR Soal Sosok Calon Kapolri Pengganti Idham Azis, Jago Bidang Humas Hingga Reserse

Khairul Saleh yang anggota Fraksi PAN itu menilai, pengganti Idham Azis ialah yang dipastikan memiliki integritas. 

Seseorang yang mampu menumpas berbagai kejahatan tanpa melihat suku, ras, agama, ataupun golongan.

Jika berbicara mengenai kriteria untuk calon Kapolri pengganti Idham yang ideal dan terbaik untuk memimpin institusi Polri, Khairul Saleh menambahkan, adalah sosok yang mempunyai integritas dan keberanian dalam memberantas segala bentuk kejahatan tanpa pandang bulu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x