Kompas TV nasional kesehatan

Hasil Uji Klinis Vaksin Corona Disampaikan Akhir Januari 2021

Kompas.tv - 5 Januari 2021, 19:12 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Tim dari Universitas Padjadjaran akan melaporkan simpulan awal terkait uji klinis vaksin sinovac tahap 3 pada akhir bulan Januari 2021.

Laporan itu akan menjadi dasar penggunaan vaksin Sinovac dalam kondisi darurat.

Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Unpad Kusnandi Rusmil menyebut bahwa simpulan awal uji klinis vaksin Sinovac tahap 3 segera dilaporkan kepada Bio Farma.

Bio Farma lalu akan meneruskan simpulan awal kepada BPOM untuk menentukan vaksin corona Sinovac dapat digunakan atau tidak.

Menurut Kusnandi Rusmil, setelah dilakukan dua tahap penyuntikan, vaksin corona dari Sinovac aman namun efektifitasnya belum diketahui.

Dari hasil penelitian, untuk keamanan tidak ditemukan efek samping yang luar biasa. Relawan yang divaksin hanya mengalami panas ringan dan sedikit bengkak yang akan sembuh dalam beberapa hari.

Kusnandi menargetkan akhir Januari 2021 akan sampaikan laporan interim uji klinis vaksin corona.

Baca Juga: Ekonom UGM Prediksi Vaksinasi Bisa Pulihkan Ekonomi Indonesia pada 2022

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x