Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Bagi 500 Ribu Lebih Sertifikat Tanah ke Warga

Kompas.tv - 5 Januari 2021, 17:08 WIB
presiden-jokowi-bagi-500-ribu-lebih-sertifikat-tanah-ke-warga
Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat secara virtual, Selasa 05/01/2021 siang, dari Istana Negara, Jakarta (Sumber: Humas/Rahmat)
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat secara virtual, Selasa (05/01/2021) siang, dari Istana Negara, Jakarta.

“Pesan saya, simpan baik-baik ini yang namanya sertifikat tanah, fotokopi. Taruh di lemari satu yang asli, yang satu fotokopi taruh di lemari yang lainnya, jadi kalau (sertifikat asli) hilang masih bisa diurus dengan cepat lewat fotokopi yang ada tadi,” kata Presiden Jokowi.

Sebanyak 30 penerima sertifikat yang berasal dari Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten.

JIka ditotalkan terdapat 584.407 sertifikat untuk masyarakat di 26 provinsi dan 273 kabupaten/kota yang diserahkan. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Bagikan 1 Juta Sertifikat Tanah Untuk Masyarakat

Penyerahan sertifikat ini adalah komitmen pemerintah untuk terus mempercepat penyertifikatan tanah di seluruh Tanah Air, di seluruh Indonesia.

Presiden menambahkan, sertifikat adalah bukti kepastian hukum hak atas tanah yang dimiliki.

Dilansir dari rilis Sekretariat Kabinet, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil dalam laporannya mengungkapkan melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) telah dikeluarkan sertifikat tanah sebanyak  5,4 juta pada tahun 2017, 9,3 juta pada tahun 2018, dan 11,2 juta di 2019.

“Dikarenakan COVID-19 dan adanya refocusing anggaran, tahun 2020 terealisasi (sertifikat) sebanyak 6,8 juta bidang (tanah),” ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x