Kompas TV nasional peristiwa

Jenazah Ibu Pasien Covid-19 Tertukar, Keluarga Kaget dan Berang Saat Peti Dibuka Ternyata Jasad Pria

Kompas.tv - 5 Januari 2021, 04:40 WIB
jenazah-ibu-pasien-covid-19-tertukar-keluarga-kaget-dan-berang-saat-peti-dibuka-ternyata-jasad-pria
Petugas membawa keluar jenazah pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 dari ruang isolasi RSUD Kota Bogor, Senin (11/5/2020). Mengutip laman covid19.kotabogor.go.id, tercatat Senin ini terdapat 246 PDP di Bogor, dengan 110 telah dinyatakan sembuh, 89 dalam perawatan RS, dan 47 meninggal dunia. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Tito Dirhantoro

BOGOR, KOMPAS TV - Keluarga DF, warga asal Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengalami peristiwa pahit pada Rabu (30/12/2020). 

Betapa tidak, jenazah sang ibu berinisial WT yang meninggal karena Covid-19, tertukar dengan jenazah seorang pria yang bukan anggota keluarganya.

DF mengungkapkan, peristiwa itu terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor, Jawa Barat, saat keluarga akan membawa jenazah sang ibu untuk dikebumikan.

Baca Juga: Tenaga Kesehatan Positif Covid-19, ICU Ditutup dan Tidak Layani Pasien Selama 3 Hari

DF menceritakan, ketika ibunda meninggal, pihak keluarga awalnya dilarang untuk melihat jenazah WT selama proses pemulasaraan di rumah sakit.

Keluarga pun pasrah dan harus menunggu selama 10 jam lamanya, hingga akhirnya peti jenazah siap dimasukkan ke dalam mobil ambulans.

Saat itu, kata DF, pihak keluarga terus mendesak agar pihak RSUD Kota Bogor mengizinkan jenazah sang ibu bisa dilihat terakhir kalinya.

Hal tersebut sekaligus untuk memastikan bahwa jenazah yang ada di dalam peti adalah ibunya.

Namun, setelah mendapat izin untuk melihat jenazah, alangkah kagetnya keluarga, ternyata jenazah yang ada di dalam peti bukanlah almarhum sang ibu.

Baca Juga: Gubernur Jatim Khofifah Jadi Pasien Positif Corona

Peristiwa tersebut sontak membuat keluarga DF syok dan berang. Sebab, pihak rumah sakit dianggap telah lalai menjalankan tugasnya.

"Keluarga mau lihat, tapi enggak boleh alasan ini-itu, ini-itu. Kami enggak mau, kami tetap maksa. Enggak tahu kenapa hati ini enggak enak. Pas dibuka, itu ternyata jenazah cowok dan itu bukan keluarga dari kami," kata DF dikutip dari Kompas.com pada Senin (4/1/2021).

"Saya tanya ke petugas, 'Kamu bisa lihat enggak ini ada kumisnya?' Sampai keluarga marah-marah, sampai semua keluarga datang.”

Usai kejadian itu, DF melanjutkan, petugas rumah sakit langsung mencari keberadaan jenazah WT. Dua tim forensik lalu datang mengambil jenazah sang ibu, tetapi keluarga kembali harus menunggu lama.

Setelah itu, pihak rumah sakit memanggil DF untuk memastikan jasad ibunya sebelum dimasukkan ke dalam peti.

Baca Juga: Update Corona 2 Januari 2021: Pasien Sembuh Bertambah 7.582 Orang!

"Kami enggak mau jenazah mama saya langsung dipetikan. Saya mau lihat mukanya untuk memastikan. Kami sudah ketakutan duluan," tuturnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x