Kompas TV internasional kompas dunia

Biden Tunjuk Perempuan Sebagai Wamenhan, Pertama Kalinya dalam Sejarah AS

Kompas.tv - 31 Desember 2020, 09:58 WIB
biden-tunjuk-perempuan-sebagai-wamenhan-pertama-kalinya-dalam-sejarah-as
Kathleen Hicks, calon wakil menteri pertahanan pilihan Joe Biden. Jika dikonfirmasi Senat, Hicks akan menjadi Wamenhan perempuan pertama dalam sejarah AS. (Sumber: csis.org)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden, menominasikan Kathleen Hicks untuk menjadi Wakil Menteri Pertahanan. Jika pilihan Biden ini dikonfirmasi oleh Senat, maka Hicks akan menjadi perempuan pertama dalam sejarah AS yang menduduki posisi sebagai Wamenhan.

Hicks saat ini memimpin tim transisi Biden di Departemen Pertahanan. Sebelumnya ia adalah mantan pejabat senior di Pentagon pada masa pemerintahan Presiden Obama. Baru-baru ini, ia menduduki posisi sebagai Direktur Program Keamanan Internasional di Center for Strategic and International Studies (CSIS).

Baca Juga: Joe Biden Tunjuk Pensiunan Jenderal Kulit Hitam Jadi Menhan AS

Pada awal bulan ini, Biden juga telah mengumumkan bahwa dia memilih seorang pensiunan Jenderal,  yaitu Lloyd Austin untuk menjadi Menteri Pertahanan. Austin akan menjadi Menhan pertama dalam sejarah AS yang merupakan seorang berkulit hitam.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Reuters, Biden mengumumkan Hicks sebagai nominasinya untuk posisi orang kedua di Pentagon. Sedangkan Colin Kahl yang merupakan mantan penasihat keamanan nasional Biden, ditunjuk untuk menduduki posisi nomor tiga di Pentagon.

Baca Juga: Menhan Kulit Hitam Pilihan Biden Memicu Kontroversi

"Para pemimpin sipil yang dihormati dan berprestasi ini akan membantu memimpin Departemen Pertahanan dengan integritas dan tekad, juga melindungi kehidupan dan kepentingan rakyat Amerika," kata Biden seperti dikutip dari Reuters.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x