Kompas TV nasional sosial

Jokowi Tunjuk Risma Jadi Mensos, Ini Respons Juliari Batubara

Kompas.tv - 24 Desember 2020, 08:22 WIB
jokowi-tunjuk-risma-jadi-mensos-ini-respons-juliari-batubara
Menteri Sosial Juliari Batubara mejadi tahanan KPK. (Sumber: Antara Foto/Galih Pradipta via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara berkesempatan menanggapi penunjukan Tri Rismaharini yang menggantikannya.

Kepada wartawan, Juliari menyambut baik keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Risma sebagai Menteri Sosial yang baru.

"Presiden enggak salah pilih. Bu Risma sangat berkompeten," kata Juliari di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (23/12/2020), dikutip dari Tribunnews.com.

Baca Juga: Siasat Risma Perbaiki Data Penerima Bansos untuk 2021

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menunjuk Wali Kota Surabaya Risma sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus dugaan suap terkait bantuan sosial Covid-19 yang ditangani KPK.

"Saya kira kita tahu semuanya, beliau adalah Wali Kota Surabaya, dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," saat mengumumkan resuffle kabinet, Selasa sore (22/12/2020).

Usai dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial di Istana Negara pada hari ini, Rabu (23/12/2020), Risma menyampaikan bakal membenahi penyaluran bantuan sosial.

Risma mengatakan pihaknya perlu melakukan mekanisme-mekanisme pembinaan dalam penyaluran bantuan agar mempunyai implikasi yang berdampak langsung kepada kesejahteraan masyarakat.

“Bagaimana bantuan ini mempunyai implikasi dampak langsung yang terukur kepada kesejahteraan masyarakat. Artinya, bahwa memang ada mekanisme-mekanisme pembinaan yang harus kami lakukan,” kata Risma dalam pernyataannya di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (23/12/2020).

Untuk memaksimalkan penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat, Risma mempunyai beberapa mekanisme sebagai upaya pembenahan.

Baca Juga: Risma Tancap Gas, Bansos Dijanjikan Cair Awal Januari 2021

Pertama, dalam implementasi penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat, Risma akan menggandeng pemerintah daerah mulai dari tingkat provinsi dan kota atau kabupaten.

Kedua, Kemensos juga akan bekerja sama dengan Ditjen Kependudukan Kementerian Dalam Negeri untuk memperbaiki atau memperbarui data para penerima bantuan sosial.

Menurut Risma, penanganan pembaruan data ini harus dilakukan dari hari ke hari. Dalam praktiknya, Risma berjanji akan menanganinya secara transparan.

Selain itu, Risma menambahkan, semua transaksi terkait bantuan sosial akan dilakukan secara elektronik, tidak ada lagi tunai dalam bentuk apa pun.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x