Kompas TV nasional peristiwa

Daftar Menteri Terkaya Kabinet Presiden Jokowi, Sandiaga Uno Paling Tajir

Kompas.tv - 23 Desember 2020, 16:20 WIB
daftar-menteri-terkaya-kabinet-presiden-jokowi-sandiaga-uno-paling-tajir
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan sambutan usai diperkenalkan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Selasa (22/12/2020). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Sejumlah Menteri yang baru dilantiknya pun rupanya memiliki kekayaan fantastis.

Salah satunya Sandiaga Uno yang menjadi menteri terkaya era pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin.

Hal tersebut berdasarkan penelusuran Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga: Sandiaga Uno Jadi Menteri Jokowi, Irma Suryani NasDem: Percuma Berdarah-Darah, Buat Apa Ada Pilpres

Selain Sandiaga Uno, setidaknya ada empat menteri lainnya yang berstatus triliuner alias memiliki kekayaan lebih dari Rp 1 triliun.

Kekayaan jumbo para menteri tersebut pun berkali-kali lipat dibandingkan Presiden Jokowi yang kekayaannya "hanya" Rp 54,7 miliar atau Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang berharta Rp 15,1 miliar.

Siapa saja deretan menteri terkaya di Kabinet Indonesia Maju? Berikut daftarnya sebagaimana dikutip dari Kompas.com:

1. Menparekraf Sandiaga Uno

Sandiaga Uno yang baru dilantik sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif rupanya merupakan menteri dengan kekayaan terbesar.

Politikus Partai Gerindra berlatar belakang pengusaha itu memiliki kekayaan sebesar Rp 5.099.960.524.965.

Angka tersebut berdasarkan LHKPN yang disampaikan Sandiaga pada 14 Agustus 2018 selaku calon wakil presiden pada Pemilu 2019.

Kekayaan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu antara lain terdiri dari 15 tanah dan bangunan yang tersebar di dalam dan luar negeri, surat berharga, kas, dan harta lainnya.

Baca Juga: Tanggapan Tri Rismaharini dan Sandiaga Uno Setelah Ditunjuk Menjadi Menteri

Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional atau KPCPEN, Erick Thohir. (Sumber: Biro Pers Sekretariat)

2. Menteri BUMN Erick Thohir

Erick yang memiliki latar belakang sebagai pengusaha menjadi menteri terkaya kedua di Kabinet Indonesia Maju dengan kekayaan sebesar Rp 2.316.600.097.385.

Kekayaan tersebut berdasarkan LHKPN yang disampaikan Erick pada 15 Januari 2020 ketika ia baru menjabat sebagai Menteri BUMN.

Kekayaan mantan bos Inter Milan itu antara lain terdiri dari 30 tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Depok, dan kota-kota lainnya senilai total Rp 242,547 miliar.

Kendati memiliki banyak tanah, kekayaan terbesar Erick berasal dari surat-surat berharga miliknya yang nilainya mencapai Rp 1,699 triliun.

Baca Juga: Mengenal 4 Menteri Baru Jokowi yang Dekat dengan Erick Thohir

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam unggahan foto di Instagramnya (25/9/2020) (Sumber: INSTAGRAM/ PRABOWO)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

KAISAR

20 Mei 2024, 07:07 WIB

Close Ads x