Kompas TV regional berita daerah

Di Balik Rabu Pon, Hari Favorit Reshuffle Menteri Jokowi

Rabu, 23 Desember 2020 | 08:09 WIB
di-balik-rabu-pon-hari-favorit-reshuffle-menteri-jokowi
Presiden Joko Widodo memperkenalkan enam menteri baru di beranda Istana Merdeka, Selasa (22/12/2020). Para menteri baru terlihat memakai jaket biru. (Sumber: youtube Sekretariat Presiden)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Jokowi kembali melakukan reshuffle menteri dan melantik para menteri barunya pada Rabu Pon (23/12/2020). Bukan pertama kali ini Jokowi melakukan reshuffle menteri selama masa kepemimpinannya.

Sepanjang menjadi presiden sejak 2014, Jokowi tercatat sudah lima kali merombak kabinetnya. Uniknya, tiga dari lima perombakan dilakukan pada Rabu Pon.

Reshuffle pertama dilakukan pada Rabu Pon, 12 Agustus 2015, kedua pada Rabu Pon, 27 Juli 2016, ketiga pada Rabu Pahing, 17 Januari 2018, dan keempat pada Rabu Pahing, 15 Agustus 2018.

Baca Juga: Erick Tanggapi Isu Reshuffle Menteri: Jangan Mau Diangkat Aja, Dicopot Harus Siap!

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.tv, Rabu Pon merupakan weton dari Presiden Jokowi yang lahir pada 21 Juni 1961. Meskipun demikian, tidak pernah ada yang tahu pasti alasan Jokowi melakukan reshuffle menteri pada Rabu Pon.

Pon adalah salah satu dari lima hari pasaran Jawa, yaitu, Kliwon, Legi, Pahing, Pon, dan Wage. Pon berasal dari kata panyorote dino atau sinar yang menerangi hari.

Rabu Pon memiliki neptu berjumlah 14, sehingga dipercaya orang yang lahir pada weton ini memiliki sifat seperti rembulan, yakni bisa menjadi penerang dan menentramkan hati orang lain.

Sisi positifnya, orang yang berada di bawah naungan Rabu Pon selalu merencanakan tindakan dengan hati-hati, tidak mudah putus asa, dan terbuka terhadap peluang baru. Sementara sisi negatif, identik dengan suka pamer.

Direktur Lembaga Cahaya Nusanatara (Yantra), Hangno Hartono, menuturkan weton Jawa menunjukkan hidup menurut orang Jawa bisa dihitung atau diukur, sebagaimana perhitungan dalam tradisi orang Cina. Suratan manusia ditentukan oleh perhitungan yang berkaitan dengan keberadaan alam semesta.

“Misal, petani melihat panen dengan berpatokan pada bintang, demikian juga pelayaran,” ujarnya, Selasa (22/12/2020).

Penulis : Switzy Sabandar

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:26
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19