Kompas TV nasional politik

Usai Ditunjuk Jokowi Jadi Mensos, Risma Sambangi Rumah Tito Karnavian

Kompas.tv - 22 Desember 2020, 22:57 WIB
usai-ditunjuk-jokowi-jadi-mensos-risma-sambangi-rumah-tito-karnavian
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini  (Sumber: Dok.Pemkot Surabaya)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Menteri Sosisal (Mensos). Ia menggantikan koleganya di PDI Perjuangan atau PDIP yaitu Juliari P Batubara.

Setelah diumumkan Jokowi di Istana Negara pada Selasa (22/12/2020), Risma kemudian menyempatkan diri berbincang melalui sambungan video call dengan awak media di Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut, Risma mengatakan bahwa jabatan sebagai Mensos ini merupakan tugas sekaligus tanggung jawab yang berat.

Baca Juga: Risma Ditunjuk sebagai Menteri Sosial, Pengamat: Tepat! Ia Pasti Punya Solusi

Apalagi, kata dia, wilayah cakupan kerjanya semakin luas. Bila sebelumnya Risma hanya memikirkan Surabaya, kini Risma harus mampu memberdayakan masyarakat di seluruh Indonesia.

"Menjalani tugas baru sebagai Mensos ya berat, karena yang ditangani itu semua orang (Indonesia)," kata Risma dalam sambungan video call, Selasa (22/12/2020).

Lebih lanjut, Risma mengatakan, dirinya akan resmi menjabat sebagai Mensos setelah dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara pada Rabu (23/12/2020).

"Jadi, artinya aku baru resmi (menjabat mensos) setelah pelantikan (besok)," ujar Risma.

Baca Juga: Jokowi Reshuffle Kabinet! Risma dan Sandi Masuk 6 Nama Calon Menteri

Risma mengaku, telah mendapatkan izin Presiden Jokowi untuk melakukan perjalanan Jakarta-Surabaya guna mengurus proses administrasi jabatan.

Risma juga akan menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk mengurus administrasi jabatan sebagai wali kota Surabaya.

"Saya matur Pak Presiden gimana (wali kota) Surabaya dan bisa PP (pulang-pergi). Habis ini aku meluncur ke rumah Mendagri (Tito Karnavian) untuk konsultasi soal itu (proses administrasi jabatan)," tutur Risma.

Baca Juga: Profil hingga Harta Kekayaan Risma yang Kini Jadi Menteri Sosial

Sebagaimana diberitakan, Presiden Joko Widodo menunjuk Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial dalam Kabinet Indonesia Maju.

Kepastian ini disampaikan dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

"Saya kira kita tahu semuanya beliau adalah walikota Surabaya ya. Dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ujar Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tunjuk Tri Rismaharini Jabat Menteri Sosial



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x