Kompas TV internasional kompas dunia

Antisipasi Varian Baru Covid-19 di Inggris, Arab Saudi Tutup Penerbangan Luar Negeri Satu Minggu

Kompas.tv - 21 Desember 2020, 19:30 WIB
antisipasi-varian-baru-covid-19-di-inggris-arab-saudi-tutup-penerbangan-luar-negeri-satu-minggu
Dalam foto yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan Saudi, Tawfiq Al-Rabiah, Menteri Kesehatan Saudi, menerima salah satu vaksinasi COVID-19 pertama di Riyadh, Arab Saudi, Kamis, 17 Desember 2020. (Sumber: Kementerian Kesehatan Saudi via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo

JEDDAH, KOMPAS TV - Arab Saudi pada Minggu (20/12/2020) menangguhkan semua penerbangan penumpang internasional selama satu minggu menanggapi laporan munculnya varian genetik baru virus Covid-19, demikian laporan Saudi Press Agency.

Seluruh kedatangan ke Arab Saudi melalui pelabuhan laut dan perbatasan darat juga ditangguhkan selam satu minggu dan dapat diperpanjang satu minggu.

Keputusan itu  diambil menanggapi laporan dari London tentang munculnya varian baru virus Covid-19. Beberapa penerbangan akan diizinkan masuk dan keluar dalam keadaan luar biasa, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan.

Siapa pun yang telah kembali ke Kerajaan dari negara-negara Eropa atau negara berisiko tinggi setelah 8 Desember harus menjalani karantina selama dua minggu sejak tanggal kedatangan mereka.

Baca Juga: Arab Saudi Buka Pendaftaran Vaksinasi Gratis Bagi Warga dan Penduduk Pendatang

Mereka juga harus menjalani tes COVID-19 selama masa isolasi diri dan mengulangi tes tersebut setiap lima hari.

Siapapun yang telah kembali dari atau transit melalui negara Eropa atau negara berisiko tinggi dalam tiga bulan terakhir juga harus menjalani tes.

Pergerakan barang, komoditas, dan rantai pasokan dari negara-negara di mana virus yang bermutasi belum muncul akan terus berlanjut seperti biasa.

Pembatasan perjalanan ini akan ditinjau ulang sesuai dengan perkembangan terkait virus corona.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x