Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi Buka Pendaftaran Vaksinasi Gratis Bagi Warga dan Penduduk Pendatang

Kompas.tv - 16 Desember 2020, 12:03 WIB
arab-saudi-buka-pendaftaran-vaksinasi-gratis-bagi-warga-dan-penduduk-pendatang
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech. Arab Saudi berencana memulai vaksinasi sebelum akhir tahun ini. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

RIYADH, KOMPAS TV – Arab Saudi memulai pendaftaran vaksinasi gratis Covid-19 bagi warga negara dan warga maupun pendatang, seperti dilaporkan kantor berita resmi Arab Saudi, SPA.

Dalam pernyataan Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikatakan, kerajaan menjamin keamanan dan kemanjuran vaksin Covid-19, selain itu untuk menjalani vaksinasi, warga negara dan warga pendatang tidak akan ditarik bayaran apapun sesuai arahan dari jajaran pemimpin tertinggi kerajaan.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi menjelaskan vaksinasi gratis ini akan dibagi kedalam tiga tahap.

Tahap pertama adalah warga dan pendatang berusia 65 tahun ke atas, kaum profesional yang rentan penularan virus Covid-19, mereka yang kegemukan dan menderita obesitas serta memiliki body mass lebih dari 40.

Selain itu, tahap pertama akan melayani mereka yang memiliki imunitas rendah seperti pernah menjalani transplantasi organ tubuh atau mengkonsumsi obat-obatan immunosuppressive.

Tidak hanya itu, tahap pertama juga akan memvaksinasi mereka yang memiliki dua atau lebih penyakit berikut; asthma, diabetes, sakit ginjal kronis, sakit jantung kronis termasuk jantung koroner, dan penyakit paru obstruktif kronis, serta mereka yang memiliki sejarah stroke.

Baca Juga: Arab Saudi Segera Laksanakan Vaksinasi Covid-19

Pada tahap kedua, vaksinasi akan melayani warga dan penduduk yang berusia 50 tahun keatas, seluruh tenaga kesehatan, dan mereka yang memiliki penyakit kronis berikut; asthma, diabetes, sakit ginjal kronis, sakit jantung kronis termasuk jantung coroner, paru obstruktif kronis, kanker, dan mereka yang kegemukan dan memiliki body mass antara 30 – 40.

Pada tahap ketiga atau terakhir, vaksinasi akan dilaksanakan kepada warga dan penduduk yang berhasrat untuk menjalani vaksinasi.

Kementerian kesehatan memastikan langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya kerajaan mengatasi pandemi Covid-19 dan untuk menjamin kesehatan warga dan penduduk yang berada di wilayah Arab Saudi.

Pemerintah Arab Saudi membuka pendaftaran melalui aplikasi bagi mereka yang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksinasi.

Baca Juga: Arab Saudi: Satu Juta Perempuan Laksanakan Umrah Sejak Oktober 2020

Sementara itu Arab News mengutip stasiun televisi Al-Ekhbariya melaporkan, vaksin Pfizer-BioNTech akan tiba di Arab Saudi beberapa hari ini dan akan didistribusikan secara bertahap ke pusat-pusat vaksinasi.

Direktur perusahaan farmasi SaudiVac, Dr. Mazen Hassanain dalam laporan itu mengatakan, “Segera setelah tiba di Arab Saudi dan sebelum menyerahkannya kepada Kementerian Kesehatan dan para dokter untuk didistribusikan, sampel vaksin akan diuji secara acak untuk menjamin seluruh informasi yang terkandung dalam laporan sesuai dengan hasil uji klinis yang dilakukan terhadap vaksin yang siap didistribusikan,”

Minggu lalu, Otoritas Pengawasan Obat dan Makanan Arab Saudi menyetujui penggunaan darurat vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech.

Pemerintah Arab Saudi menyatakan vaksin Covid-19 itu akan disediakan bagi warga negara dan ekspatriat secara gratis.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x