Kompas TV religi beranda islami

Mereka Yang Meninggalkan Shalat

Kompas.tv - 20 Desember 2020, 20:56 WIB
mereka-yang-meninggalkan-shalat
Ibnu Qayyim Al Jauziyah rahimahullah mengatakan, kaum muslimin bersepakat bahwa meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum minuman keras. Orang yang meninggalkannya akan mendapat hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapatkan kehinaan di dunia dan akhirat. (Foto Ilustrasi: spemone, pexels)
Penulis : Agung Pribadi

Shalat dalam agama Islam mendapat kedudukan yang begitu agung dan merupakan salah satu rukun Islam bahkan merupakan kewajiban terbesar setelah syahadat.

Namun sayangnya masih banyak diantara orang Islam yang kurang memperhatikan masalah shalat ini atau bahkan meninggalkannya.

Rasulullah Shalallahu'alaihi wa sallam mengatakan,

"Islam dibangun di atas lima tiang, Syahadat La ilaha illa Allah dan Muhammad Rasulullah, menegakan shalat, memberikan zakat, Haji, dan Puasa Ramadhan." (HR. Bukhari no.08, Muslim no.16)

Bahkan ketika sedang sakit sekalipun tetap diperintahkan shalat sesuai kemampuan. Dari Imran bin Hushain radhiallahu ‘anhu, beliau mengatakan:

“Aku pernah menderita penyakit bawasir. Maka ku bertanya kepada Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam mengenai bagaimana aku shalat. Beliau bersabda: shalatlah sambil berdiri, jika tidak mampu maka shalatlah sambil duduk, jika tidak mampu maka shalatlah dengan berbaring menyamping” (HR. Al Bukhari, no. 1117).

Demikian juga shalat merupakan pembatas antara iman dengan kekafiran. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Sesungguhnya (batas) antara seseorang dengan syirik dan kekafiran adalah meninggalkan shalat." [HR. Muslim, no: 82, dari Jabir] Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

"Perjanjian yang ada antara kami dengan mereka adalah shalat. Maka barangsiapa meninggalkannya, dia telah kafir." [HR. Tirmidzi, no: 2621; dll; Dishohihkan oleh syeikh Al-Albani]



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x