Kompas TV bisnis kebijakan

Pemerintah Buka Wacana Terapkan Pajak Progresif Kepemilikan Tanah, Ini Reaksi Pengusaha

Kompas.tv - 12 Desember 2020, 04:30 WIB
pemerintah-buka-wacana-terapkan-pajak-progresif-kepemilikan-tanah-ini-reaksi-pengusaha
Sofyan Djalil (Sumber: BPN via Tribunnews)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Pemerintah melalui Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil, membuka wacana menerapkan pajak progresif kepada masyarakat terkait kepemilikan tanah.

Wacana tersebut muncul karena Sofyan Djalil menilai, kepemilikan tanah di Indonesia sangat tidak adil. Sebab, hanya sekelompk kecil orang saja yang memiliki tanah dalam jumlah sangat luas.

Diakui Sofyan, memang tidak ada data pasti soal berapa besar ketimpangan kepemilikan tanah tersebut.

Baca Juga: Sri Mulyani: Kepastian Pajak Penting Bagi Dunia Usaha

Yang jelas, indeks gini rasio kepemilikan tanah diperkirakan berada di kisaran 0,54 sampai 0,67. Gini rasio tersebut tentunya berbeda jauh dengan gini indeks pendapatan yang sudah di bawah 0,4.

“Oleh sebab itu, pemerintah berupaya memperoleh gini indeks, yang mencerminkan bahwa kepemilikan tanah nanti akan lebih banyak yang memiliki masyarakat,” kata Sofyan dikutip dari Kontan.co.id pada Jumat (11/12/2020).

Sofyan pun mengusulkan agar ada pajak progresif untuk kepemilikan tanah. Jika kebijakan ini diterapkan, ia meyakini akan membuat orang berpikirdua kali mencari keuntungan dari berinvestasi di bidang tanah.

Akan tetapi, dia menyarankan, agar tanah yang ada harus memberi manfaat dan produktifitas. Ia meminta pengaturan mengenai hal itu masuk dalam RUU Pertanahan.

Baca Juga: Penerima BLT Subsidi Gaji Rp 1,2 Juta Gelombang Kedua Berkurang, Wajib Pajak Dipastikan Tak Dapat

“Sekarang petani yang tidak punya tanah menggarap padi, dia itu dieksploitasi. Ini yang sedang kita pikirkan bagaimana mengatasinya dengan sistem perpajakan. Terutama pajak progresif dalam kepemilikan tanah,” ujar Sofyan.

Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bidang Keuangan dan Perbankan, Ajib Hamdani, pun menanggapi usulan Sofyan Djalil tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x