Kompas TV entertainment selebriti

BCL Lakukan Tes Swab Tanpa Tenaga Medis, Relawan Satgas Covid-19: Tidak Disarankan

Kompas.tv - 10 Desember 2020, 15:06 WIB
bcl-lakukan-tes-swab-tanpa-tenaga-medis-relawan-satgas-covid-19-tidak-disarankan
BCL Lakukan Tes Swab ke Vidi Aldiano dan Nino RAN. (Sumber: Instagram/@vidialdiano)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bunga Citra Lestari atau BCL, melakukan tes swab Covid-19 ke teman-temannya. Hal ini diketahui dari Instagram Stories @bclsinclair pada Selasa (8/12/2020).

BCL tampak memasukan alat swab ke dalam rongga hidung Vidi Aldiano dan Nino RAN. Pasalnya, ia bukan tenaga profesional untuk melakukan tes terhadap virus corona.

Apa yang dilakukan BCL bukan tidak berisiko. Salah-salah bisa berakibat fatal yang mengakibatkan teman-temannya pingsan bahkan berhenti bernapas.

Grid.ID mencoba melakukan konfirmasi kepada Koordinator Relawan Satgas Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i apakah tindakan tersebut dianjurkan atau tidak.

Sebagai tenaga medis, dr. Adda'i tidak menganjurkan seseorang melakukan tes swab mandiri, bukan dilakukan oleh tenaga medis.

Baca Juga: Menteri PPPA: Sekeluarga Bisa Tes Swab Gratis Jika Ada Anggota Positif Covid-19

"Sangat tidak disarankan, engga boleh, saya sebagai tenaga medis melarang itu supaya tidak diikutin banyak orang. Udah pandemi ini engga selesai, ditambah gitu semakin banyak penularan, minimbulkan rasa aman yang palsu," kata dr. Muhamad Fajri Adda'i, Rabu (9/12/2020).

Ada beberapa alasan yang dijelaskan dr. Adda'i, yang pertama teknik swab yang salah sehingga bisa menimbulkan false negatif atau negatif yang palsu. Proses usap yang salah di rongga hidung ternyata bisa membawa masalah baru.

Begitu juga metode swab di mulut, juga memiliki risiko yang besar jika dilakukan sembarangan. Risikonya mulai dari muntah hingga infeksi.

Selanjutnya, membantu melakukan swab seperti yang dilakukan artis BCL sangat keliru lantaran tidak menggunakan APD yang ketat. Risiko terpapar virus corona sangat besar jika seseorang yang dilakukan tes tersebut ternyata positif.

Maka dari itu, dr. Muhamad Fajri Add'i mengimbau untuk menlakukan tes swab dengan bantuan tenaga medis di rumah sakit dan faskes yang memiliki standar untuk melakukan tes corona.

Baca Juga: Patokan Harga Tes Swab Jadi Rp 900 Ribu, Ini Komponennya

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x