Kompas TV entertainment selebriti

BCL Lakukan Tes Swab Tanpa Tenaga Medis, Relawan Satgas Covid-19: Tidak Disarankan

Kamis, 10 Desember 2020 | 15:06 WIB
bcl-lakukan-tes-swab-tanpa-tenaga-medis-relawan-satgas-covid-19-tidak-disarankan
BCL Lakukan Tes Swab ke Vidi Aldiano dan Nino RAN. (Sumber: Instagram/@vidialdiano)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bunga Citra Lestari atau BCL, melakukan tes swab Covid-19 ke teman-temannya. Hal ini diketahui dari Instagram Stories @bclsinclair pada Selasa (8/12/2020).

BCL tampak memasukan alat swab ke dalam rongga hidung Vidi Aldiano dan Nino RAN. Pasalnya, ia bukan tenaga profesional untuk melakukan tes terhadap virus corona.

Apa yang dilakukan BCL bukan tidak berisiko. Salah-salah bisa berakibat fatal yang mengakibatkan teman-temannya pingsan bahkan berhenti bernapas.

Grid.ID mencoba melakukan konfirmasi kepada Koordinator Relawan Satgas Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i apakah tindakan tersebut dianjurkan atau tidak.

Sebagai tenaga medis, dr. Adda'i tidak menganjurkan seseorang melakukan tes swab mandiri, bukan dilakukan oleh tenaga medis.

Baca Juga: Menteri PPPA: Sekeluarga Bisa Tes Swab Gratis Jika Ada Anggota Positif Covid-19

"Sangat tidak disarankan, engga boleh, saya sebagai tenaga medis melarang itu supaya tidak diikutin banyak orang. Udah pandemi ini engga selesai, ditambah gitu semakin banyak penularan, minimbulkan rasa aman yang palsu," kata dr. Muhamad Fajri Adda'i, Rabu (9/12/2020).

Penulis : Dian Septina





BERITA LAINNYA


Peristiwa

Tidak Kompak Aturan Larangan Mudik

Sabtu, 17 April 2021 | 03:44 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
04:55
BAKAMLA RI PERINGATKAN KAPAL BERBENDERA YUNANI YANG MONDAR-MANDIR DI WILAYAH ALUR LAUT KEPULAUAN INDONESIA (ALKI) 3   WARGA KAMPUNG AKUARIUM AKAN MENEMPATI TOWER B DAN TOWER D KAMPUNG SUSUN AKUARIUM PADA AGUSTUS 2021   GUBERNUR NTT VIKTOR LAISKODAT AKAN KEMBALI MENDESAIN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN PASCABENCANA   GUBERNUR NTT VIKTOR LAISKODAT SEBUT SEBANYAK 1.023 KELUARGA MENGUNGSI AKIBAT BENCANA DI NTT   PBNU MEMINTA MATA PELAJARAN PANCASILA TETAP DIJADIKAN MATA PELAJARAN WAJIB   MENKO KEMARITIMAN LUHUT BINSAR PANDJAITAN TARGETKAN EMISI GAS RUMAH ENERGI TERBARUKAN TURUN 314 JUTA TON DI 2030   KPPU: HARGA TELUR HINGGA DAGING AYAM NAIK DI HAMPIR SEMUA PROVINSI   KPPU AKAN CEK LONJAKAN HARGA TAK WAJAR TELUR DAN DAGING AYAM DI SEJUMLAH DAERAH SELAMA BULAN RAMADAN   KOMNAS HAM SELIDIKI TEWASNYA TAHANAN KASUS NARKOBA POLRES TANGSEL   MENDAG MUHAMMAD LUTFI: DEFISIT NERACA DAGANG INDONESIA DENGAN TIONGKOK TURUN PADA JANUARI-MARET 2021   PEMKOT YOGYAKARTA BAKAL MENGGELAR SEKOLAH TATAP MUKA ATAU PEMBELAJARAN TATAP MUKA SEUSAI LEBARAN   PEMPROV DKI MELARANG PNS MENGGELAR BUKA PUASA DAN SAHUR BERSAMA SELAMA BULAN RAMADAN   HINGGA 16 APRIL 2021, SEBANYAK 5,81 JUTA ORANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA, 10,7 JUTA DOSIS PERTAMA   PRESIDEN JOKOWI TAK INGIN KASUS POSITIF COVID-19 MELONJAK LAGI KARENA MUDIK LEBARAN TAHUN INI