Kompas TV internasional kompas dunia

Boeing 737 MAX Kembali Mengudara Secara Komersial

Kompas.tv - 10 Desember 2020, 02:38 WIB
boeing-737-max-kembali-mengudara-secara-komersial
Pesawat Maskapai Gol Airlines Boeing 737 MAX hendak mendarat di bandara internasional di Guarulhos, dekat Sao Paulo, Brasil, Rabu, 9 Desember 2020 (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

RIO DE JANEIRO, KOMPAS TV – Penerbangan komersial menggunakan pesawat Boeing 737 Max8 kembali berlangsung hari Rabu (09/12/2020), pertamakalinya sejak dilarang terbang diseluruh dunia sejak dua tahun lalu.

Associated Press melaporkan, maskapai Brazil GoI menjadi yang pertama di dunia kembali menerbangkan secara komersial pesawat tersebut dalam penerbangan antara Sao Paulo menuju Porto Alegre seperti yang dilansir flightradar24.com

Maskapai GoI sendiri dalam pengumumannya tidak merinci rute penerbangan pesawat tersebut.

Maskapai GoI dijadwalkan kembali melayani penumpang regular pada 18 Desember nanti, menurut firma data aviasi Cirium, dengan penerbangan antara São Paulo dan beberapa kota besar di Brazil.

Juru bicara GoI kepada Associated Press mengatakan, penumpang dapat menukar tiket mereka bila tidak ingin terbang dengan Boeing 737 MAX8.

Baca Juga: Jalan Panjang Boeing 737 MAX Untuk Kembali Mengudara

GoI adalah maskapai terbesar Brazil yang melayani 36 juta penumpang setiap tahun dan memiliki tujuh pesawat Boeing 737Max, seperti dilansir Cirium. Maskapai itu adalah satu-satunya di Brazil yang mengoperasikan pesawat jenis tersebut di armadanya.

Boeing 737 Max dilarang terbang sejak Maret 2019, tidak lama setelah jatuh di Ethiopia. Sebelumnya, pesawat jenis yang sama jatuh di Indonesia pada Oktober 2018. Secara total, 346 penumpang dan awak pesawat tewas.

Regulator penerbangan Brazil mencabut pelarangan terbang Boeing 737 Max pada November kemarin, melempangkan jalan bagi pesawat itu untuk kembali terbang di negara terbesar Amerika Latin tersebut.

Pelarangan yang sama juga telah dicabut di Amerika Serikat dan Eropa, dengan penerbangan menggunakan jenis pesawat tersebut akan kembali berlangsung. Diperkirakan penerbangan kembali pesawat itu akan dilakukan oleh American Airlines di Amerika Serikat 29 Desember nanti.

Baca Juga: Boeing 737 Max Seperti Milik Lion Air yang Jatuh Diizinkan Terbang Kembali

CEO maskapai GoI Brazil Paulo Kakinoff seperti dilaporkan Associated Press mengatakan, “Boeing tipe MAX adalah pesawat paling efisien dalam sejarah penerbangan dan satu-satunya yang menjalani sertifikasi ulang,”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x