Kompas TV nasional peristiwa

Komnas HAM Dipersilakan Usut Kematian 6 Laskar FPI Pengawal Rizieq Shihab, Polri Siap Bantu

Kompas.tv - 9 Desember 2020, 10:29 WIB
komnas-ham-dipersilakan-usut-kematian-6-laskar-fpi-pengawal-rizieq-shihab-polri-siap-bantu
Karopenmas DivHumas Polri, Brigjen Awi Setiyono memberikan keterangan pers soal kasus pembobolan uang nasabah Maybank sejumlah 22 Milyar, pada Senin siang 9 November 2020, di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Sumber: ABDUL MALIK / KOMPASTV)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Mabes Polri mempersilakan Komnas HAM jika ingin membentuk tim khusus untuk mengusut kematian enam laskar khusus Front Pembela Islam (FPI) yang mengawal Habib Rizieq Shihab.

Polri menilai langkah Komnas HAM tersebut yang hendak mengusut sebagai bentuk pengawasan eksternal.

Baca Juga: Amnesty International Minta Komnas HAM dan DPR Turun Tangan Usut Kematian 6 Laskar FPI

"Ya, enggak apa-apa. Itu adalah bentuk pengawasan eksternal," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (8/12/2020).

Awi mengatakan, Polri akan siap membantu Komnas HAM. Caranya, dengan menyediakan data-data yang akan dibutuhkan sebagai bahan penelusuran.

Selain itu, kata Awi, pihaknya juga akan bersikap transparan dalam menangani kasus tewasnya enam laskar FPI di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek itu.

"Nanti kita akan membantu terkait apa-apa saja data yang dibutuhkan. Selama ini kita transparan. Silakan saja," tuturnya.

Baca Juga: Muhammadiyah Apresiasi FPI Minta Komnas HAM Usut Tuntas Peristiwa Penembakan di Tol Jakarta-Cikampek

Awi menambahkan, Polri telah memiliki tim audit internal untuk menelusuri kasus ini. Saat ini, kata dia, tim tersebut tengah bekerja

"Kita di dalam juga sudah ada tim audit internal. Tentunya tim juga bekerja," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x