Kompas TV bisnis kompas bisnis

Divestasi 4 Ruas Tol Waskita Mundur

Kamis, 3 Desember 2020 | 11:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Waskita Karya (Persero) Tbk akan melepas kepemilikan saham atau divestasi sembilan ruas jalan tol dengan nilai sekitar Rp 10 triliun - Rp 11 triliun pada 2021. 

"Selain adanya penerimaan kas, lewat divestasi Waskita akan mengurangi utang dari ruas tol yang lagi terkonsolidasi," ujar Director of Business Development & QSHE Waskita Fery Hendriyanto dilansir dari Antara, Rabu (2/12/2020).

Ia menambahkan Waskita akan menggunakan beberapa skema pelepasan seperti yang pernah dilakukan sebelumnnya. 

"Akan ada beberapa ruas yang dilepas dengan skema shareswap atau tukar saham. Kami juga membuka tender dan menerima penawaran investor untuk beberapa ruas tol serta menggunakan instrumen RDPT," kata dia.

Ia menyampaikan hampir semua ruas tol yang akan dilepas lewat PT Waskita Toll Road (WTR) telah memiliki calon investor yang berminat dan saat ini tengah melakukan proses due diligence dan valuasi. 

"Selain investor infrastruktur atau lembaga keuangan pada umumnya, ruas tol Waskita juga masuk dalam rencana investasi dari Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI)," kata Fery. 

Waskita, lanjut dia, telah beberapa kali melakukan diskusi dengan tim LPI dengan fokus pada divestasi ruas tol. 

Ia menyampaikan total panjang dari seluruh ruas yang akan dilepas mencapai lebih dari 480 kilometer. 

Ia merinci tiga ruas tol berlokasi di area Jabodetabek, satu ruas terletak di provinsi Jawa Barat, dua ruas berada di Pulau Sumatera, dua ruas bagian dari jaringan tol Trans Jawa, dan ditambah satu ruas di Jawa Timur.
 

Penulis : Merlion Gusti


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:38
KEPALA BNPB DUKUNG PENYEDIAAN ALAT TES CEPAT ANTIGEN DI LOKASI PENGUNGSIAN GEMPA SULBAR   SATGAS: KEPATUHAN PROTOKOL KESEHATAN PUNYA DAMPAK SANGAT BESAR TERHADAP PENURUNAN KASUS COVID-19   POLRESTA BANDARA SOEKARNO-HATTA BANTEN TANGKAP 15 ORANG TERSANGKA PEMALSU SURAT HASIL TES COVID-19   BUPATI MANGGARAI TIMUR AGAS ANDREAS POSITIF COVID-19   24 TENAGA KESEHATAN TAK DATANG SAAT VAKSINASI, DINKES PONTIANAK TELUSURI IDENTITAS DAN ALASANNYA   MENRISTEK: ADA ENAM PLATFORM PENGEMBANG VAKSIN MERAH PUTIH, PALING CEPAT LEMBAGA EIJKMAN   DINKES KOTA BEKASI: RUANG ICU UNTUK PASIEN COVID-19 PENUH, SISA TEMPAT TIDUR ISOLASI MENIPIS   JUMLAH PASIEN COVID-19 MELONJAK, RSD WISMA ATLET BERENCANA TAMBAH 400 PERAWAT   KOORDINATOR RSD WISMA ATLET MAYJEN TUGAS RATMONO: TINGKAT KETERISIAN HUNIAN WISMA ATLET CAPAI 82,73 PERSEN   KEMENDAGRI MINTA TNI/POLRI DUKUNG SATPOL PP TINGKATKAN KEDISIPLINAN MASYARAKAT TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   KASUS COVID-19 MENINGKAT, PEMKAB MANGGARAI TIMUR TERAPKAN BELAJAR DARI RUMAH   BASARNAS YAKIN PELUANG TEMUKAN CVR PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 MAKIN BESAR   TIM DVI PAKAI DATA CCTV DI BANDARA UNTUK MEMPERMUDAH PROSES IDENTIFIKASI KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182   LONGSOR SUMEDANG, TIM SAR TEMUKAN JASAD 2 ANAK, TOTAL KORBAN MENINGGAL MENJADI 36 ORANG