Kompas TV nasional sapa indonesia

Rem Laju Penularan Covid-19

Kamis, 3 Desember 2020 | 10:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lonjakan kasus positif membuat ruang isolasi pasien covid-19 di RSUD Cibabat, Kota Cimahi, terisi penuh.

Tercatat ada 38 pasien positif covid-19 yang dirawat, di luar lima pasien yang terindikasi gejala terjangkit virus corona dan masih menunggu ketersediaan ruang isolasi.

Kondisi serupa juga terjadi di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. 

Baik ruang isolasi maupun ruang perawatan intensif atau ICU di rumah sakit rujukan ini, penuh oleh pasien covid-19

Jumlah pasien covid-19 meningkat dalam dua pekan terakhir, dengan total 46 pasien yang kini dirawat. 

Sebagian di antaranya masih menunggu ketersediaan ruang isolasi, dan untuk sementara dirawat di instalasi gawat darurat.

 
Kenaikan jumlah pasien yang meninggal akibat covid-19, terjadi seiring dengan tren lonjakan kasus positif. 

Di TPU Pondok Ranggon Jakarta Timur, banyaknya kasus kematian berakibat pada penuhnya lahan makam untuk jenazah  pasien covid-19 dari kalangan muslim. 

Pengelola makam terpaksa menerapkan sistem tumpang untuk penguburan, dan mengalihkan layanan pemakaman covid-19 ke tpu lain. Hingga saat ini, 4.550 jenazah covid-19 telah dimakamkan di tpu pondok ranggon.

 
Dalam rapat terbatas penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional di istana hari Senin lalu, Presiden Joko Widodo menyampaikan kekesalannya. 

Presiden menyoroti memburuknya penanganan covid-19 di Indonesia, terutama mengenai jumlah kasus aktif nasional yang naik dari pekan sebelumnya.

Kekesalan presiden diungkapkan, setelah sehari sebelumnya data Satgas Covid-19 mencatat jumlah kasus positif menembus rekor tertinggi sepanjang masa pandemi, sebanyak 6.267 kasus pada 29 November 2020. 

Dari data ini, juga tercatat tiga daerah dengan jumlah kasus tertinggi, yakni Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Kekesalan presiden memang beralasan. Tren kenaikan jumlah kasus positif tercatat menguat sejak akhir November lalu.  
 

Penulis : Merlion Gusti


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:20
ARMADA KAPAL INDUK ANGKATAN LAUT AMERIKA SERIKAT MEMASUKI LAUT CHINA SELATAN   TERDAMPAK PANDEMI, DISNEYLAND PARIS TUNDA PEMBUKAAN HINGGA APRIL 2021   ISRAEL BUKA KEDUTAAN PERTAMA DI UNI EMIRAT ARAB   WABUP BANTUL, DIY, ABDUL HALIM MUSLIH, POSITIF COVID-19 BERDASARKAN PEMERIKSAAN TES CEPAT ANTIGEN   SEBANYAK 20 NARAPIDANA DAN PEGAWAI LAPAS NARKOTIKA CIREBON POSITIF TERINFEKSI KORONA   BPBD LEBAK, BANTEN, INGATKAN WARGA UNTUK WASPADA BANJIR DAN LONGSOR   PETUGAS TRANSJAKARTA TANGKAP PRIA YANG MENCURI CAIRAN PEMBERSIH TANGAN   PSBB JAKARTA DIPERPANJANG, RESTORAN DAN WARUNG MAKAN BOLEH BUKA MELAYANI TAMU HINGGA PUKUL 20.00 WIB   KPK PANGGIL 6 SAKSI DALAM KASUS MERINTANGI PENYIDIKAN MANTAN SEKRETARIS MA NURHADI   MK: ADA 132 PERKARA SENGKETA HASIL PILKADA 2020   BESOK, MK GELAR SIDANG SENGKETA HASIL PILKADA 2020   MENKEU SEBUT SEJUMLAH PROYEK SENILAI RP 27 TRILIUN AKAN DIDANAI MENGGUNAKAN SURAT BERHARGA SYARIAH NEGARA   MENKEU SRI MULYANI SEBUT WAKAF TUNAI DI PERBANKAN HINGGA 20 DESEMBER 2020 MENCAPAI RP 328 MILIAR   PRESIDEN JOKOWI: PEMANFAATAN WAKAF UNTUK ATASI KEMISKINAN