Kompas TV nasional peristiwa

Viral Dokumen Hasil Swab Test Rizieq Shihab Positif Covid-19, Ini Kata MER-C

Kompas.tv - 2 Desember 2020, 21:57 WIB
viral-dokumen-hasil-swab-test-rizieq-shihab-positif-covid-19-ini-kata-mer-c
Pimpinan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab (Sumber: KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Sebuah foto bergambar dokumen hasil swab test atau tes usap atas nama Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab beredar di media sosial hingga akhirnya viral. 

Dalam dokumen tersebut, tertulis bahwa hasil swab test Rizieq Shihab dinyatakan positif virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Bela Rizieq Shihab Soal Kerumunan: Kalau Memang Negara Ini Adil, Semua Diperiksa

Selain itu, berdasarkan keterangan di surat itu pula, bahwa swab test telah dilakukan pada Jumat 27 November 2020 dengan nomor registrasi 801127175.

Adapun validasi hasil telah dikeluarkan oleh MER-C dengan menyatakan, bahwa hasil tes Rizieq Shihab dinyatakan positif Covid-19 pada 28 November 2020.

Menanggapi viralnya foto tersebut, Ketua Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad, membantah pihaknya telah mengeluarkan surat hasil tes usap Rizieq.

Surat keterangan hasil swab tes yang tertulis atas nama pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dengan hasil positif Covid-19, beredar di media sosial. (Sumber: Istimewa via Kompas.com)

"Ya itu bukan dari MER-C," kata Sarbini dikutip dari Kompas.com pada Rabu (2/12/2020).

Baca Juga: Ketika Laskar FPI Tutup Jalan Rumah Rizieq Shihab saat Polisi Kirim Surat Panggilan Kedua

Menurut Sarbini, hasil swab test Rizieq Shihab sejauh ini belum dipublikasikan. Sebab, hasil tes tersebut merupakan privasi yang telah diserahkan oleh MER-C langsung ke pihak keluarga Rizieq Shihab.

"MER-C tidak pernah mengeluarkan hasil swab Habib Rizieq, dan hasilnya sudah diserahkan ke keluarga, karena itu rahasia pasien yang tidak berhak MER-C umumkan," ujar Sarbini.

Namun begitu, Sarbini membenarkan ada keterangan yang sama dari dokumen yang beredar itu. Bahwa Rizieq Shihab menjalani swab test pada 27 november 2020, ini sesuai dengan tanggal yang tercantum dalam surat yang beredar itu.

"Iya (benar)," kata Sarbini.

Baca Juga: Bagaimana Nasib Kasus Hukum Kerumunan di Bogor Usai Rizieq Shihab Minta Maaf?

Sebelumnya, Rizieq disebut telah menjalani tes usap yang dilakukan tim medis MER-C saat dia dirawat di Rumah Sakit (RS) Ummi Bogor, Jawa Barat.

Namun, pelaksanaan tes usap itu dilakukan tanpa sepengetahuan Satgas Covid-19 Kota Bogor ataupun pihak RS Ummi.

Satgas Covid-19 Kota Bogor belum mendapatkan hasil tes usap Rizieq dan meminta agar segera memberi hasil pemeriksaan itu jika memang sudah ada pemeriksaan.

Belakangan diketahui juga bahwa MER-C tidak mempunyai laboratoriun yang terdaftar sebagai tempat pemeriksaan sampel Covid-19.

Baca Juga: 12 Orang Dipanggil Polisi Terkait Kerumunan Rizieq Shihab, Termasuk Penyedia Tenda



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x