Kompas TV internasional kompas dunia

Wow, Ibu Negara Turki Emine Erdogan Pakai Masker Batik Indonesia saat Jamu Tamu Negara

Kompas.tv - 28 November 2020, 16:20 WIB
wow-ibu-negara-turki-emine-erdogan-pakai-masker-batik-indonesia-saat-jamu-tamu-negara
Ibu Negara Turki, Emine Erdogan menggunakan masker batik sutera saat menjamu tamu negara, Ibu Negara Niger, Hadja Aissata di Istana Kepresidenan di Ankara, 29 September lalu. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Haryo Jati

ANKARA, KOMPAS.TV - Ibu Negara Turki Emine Erdogan kedapatan kerap menggunakan masker batik tulis berbahan sutera di berbagai kesempatan.

Tak hanya saat melakukan kegiatan pribadi, Emine Erdogan diketahui memakai masker batik bermotif parang itu juga ketika melakoni kegiatan resmi.

Seperti terlihat dalam akun Instagram miliknya, Emine Erdogan juga memakai masker batik itu saat menerima kunjungan Ibu Negara Niger, Hadja Aissata di Istana Kepresidenan di Ankara, 29 September lalu.

Baca Juga: Iran Janjikan Pembalasan Atas Pembunuhan Ahli Nuklir Moshen Fakhrizadeh

Masker batik yang digunakan Emine Erdogan adalah hadiah dari Duta Besar RI untuk Turki kepada suaminya, Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Masker batik itu diserahkan pada Agustus 2020 dalam rangka perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-75, sekaligus perayaan 70 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Turki.

Masker batik tulis sutera tersebut dipesan khusus KBRI Ankara dari seniman batik  Bayu Aria Widhi dari Hotwax Studio, Yogyakarta.

Baca Juga: Ditahan di Bandara Karena Bawa Uang Banyak, Mantan Presiden Honduras Bantah Itu Miliknya

Koordinator Fungsi Polpensosbud KBRI Ankara, Dion Swasono menjelaskan alasan kenapa masker batik menjadi hadiah yang diberikan.

“Semula kita merencanakan menyelenggarakan sejumlah kegiatan peringatan HUT RI ke-75 dan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia -Turki yang jatuh pada akhir tahun 2020. Namun karena adanya wabah, kita harus berinovasi,” ujarnya.

“Dengan mengirimkan masker batik tulis sutera, kita merayakan keduanya dengan cara yang elegan, mempromosikan batik dan sekaligus menunjukkan sensibilitas terhadap kebutuhan protokol kesehatan,” tambah Dion.

Baca Juga: Presiden Belarusia Alexander Lukashenko Mulai Berpikir untuk Mundur, Pihak Oposisi Curiga

Pada kedua peringatan tersebut, KBRI Ankara sudah menyiapkan sekitar lima ratus masker batik sutera yang dikemas dalam kemasan eksklusif.

Masker batik itu juga dikirimkan kepada tokoh-tokoh penting di Turki, duta besar negara sahabat di Ankara dan rekan-rekan Indonesia di negara itu.

Selain Ibu Negara, masker batik hadiah dari KBRI Ankara itu juga kerap digunakan sejumlah menteri dan tokoh-tokoh politik di Turki pada berbagai acara kenegaraan dan diplomatik.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x