Kompas TV regional berita daerah

Kematian Akibat Covid-19 Di Sumsel Di Atas Angka Nasional

Kompas.tv - 26 November 2020, 21:41 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Persentase angka kematian akibat korona, di Sumatera Selatan, masih tinggi, bahkan melebihi Nasional, hal itu disebabkan masih minimnya tes dan lambatnya penanganan.

Data Kementrian Kesehatan mencatat, persentase kematian akibat Covid-19, di Sumatera Selatan, mencapai 5,34 persen, melebihi persentase angka kematian Nasional yakni 3,11 persen, sementara kematian rata-rata global sebesar 2,5 persen.

Dinas Kesehatan Sumatera Selatan, menerangkan mayoritas orang yang meninggal dunia karena Covid-19 di Sumsel, memiliki beragam penyakit penyerta, seperti pernafasan, diabetes dan darah tinggi.

Untuk memastikan penyebab kematian tersebut, Dinkes Sumsel sedang melakukan Audit Mortality.

Dari jumlah kasus kematian per hari, Sumatera Selatan jumlahnya masih rendah, namun karena proses pemeriksaan yang kurang masif membuat angka kematian di Sumsel terlihat tinggi.

Dalam Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Revisi ke 5, orang yang diperiksa adalah yang bergejala. Hal ini membuat proses pemeriksaan tidak segencar diawal pandemi lalu.

Dari kasus kematian akibat Covid-19 di Sumatera Selatan, tak hanya masyarakat umum, ada 14 tenaga medis yang meninggal, sejak awal pandemi merebak Maret 2020 lalu.

Antisipasi sudah dilakukan Dinkes Sumsel, dengan menerapkan deteksi dini, mulai dari Puskesmas.

#Korona #Dinkes #Sumsel



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x