Kompas TV regional berita daerah

Simulasi Pencoblosan di Pilkada 2020, dari Wajib Masker Hingga Kenakan Sarung Tangan Plastik

Kompas.tv - 23 November 2020, 20:45 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Menyempotkan disinfektan di area Tempat Pemungutan Suara (TPS) menjadi awal dimulainya gelaran simulasi pemungutan suara yang digagas Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarmasin di halaman Gedung Sultan Suriansyah, sabtu (21/11/2020).

Simulasi ini ditujukan sebagai gambaran pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember mendatang dari proses pemilih datang hingga sesi penghitungan di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Pengelola SD di Banjarmasin Diminta Tahan Diri, Januari 2021 Belajar Tatap Muka Baru Mulai Simulasi


Menggunakan masker hingga memakai sarung tangan plastik menjadi hal yang wajib dilakukan pemilih saat akan melakukan pencoblosan di bilik suara pengaturan waktu pemilih juga diterapkan melalui jadwal undangan masing-masing dari pukul 07.00 hingga 13.00 WITA demi mencegah terjadinya kerumunan hingga menuju proses pencoblosan di bilik suara.

“Kita melaksanakan simulasi ini adalah untuk gambaran pada hari H, bagaimana dari awal datang pemilih sampai nantinya prosesi perhitungan. Kita lihat di sini tata caranya karena ada 12 hal yang berbeda pada Pilkada tahun ini,” terang Ketua KPU Banjarmasin, Rahmiati Wahdah.

“Datang ke sini aman aja, sih. Karena kita diberi sarung tangan, cuci tangan dulu, dan suhu badan diukur dulu. Jadi tidak masalah untuk saat ini,” ujar Nita, warga yang datang melakukan simulasi.

Baca Juga: Wisata Religi Kubah Basirih Banjarmasin Dibuka Dengan Syarat Protokol Kesehatan

Tahapan terakhir, melepas sarung tangan plastik hingga diteteskannya jari dengan tinta oleh petugas sebagai tanda memberikan hak suara dalam pelaksanaan Pilkada mendatang.

KPU Banjarmasin berharap saat pemilih sudah melakukan pencoblosan untuk  tidak  tinggal berlama-lama di area pemungutan suara agar terhindar dari  penyebaran Covid-19.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x