Kompas TV klik360 cerita indonesia

Ignasius Jonan, Sang Pembaharu Perkeretaapian Indonesia

Kamis, 19 November 2020 | 13:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ignasius Jonan adalah Menteri Perhubungan dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di periode pertama Presiden Joko Widodo (2014-2019).

Tapi di masyarakat, sosok Ignasius Jonan justru identik dengan perkeretaapian Indonesia. Hingga kini, banyak orang lebih mengenang Jonan sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).

Bukan tanpa sebab. Saat menjadi Dirut PT KAI, Jonan banyak membuat terobosan sehingga membuat perusahaan itu jadi lebih baik. Mencetak laba, dan membuat kereta api jadi moda transportasi favorit masyarakat.

Ignasius Jonan mulai dikenal publik di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ketika Menteri BUMN Sofyan Djalil mempercayakan kursi Dirut PT KAI kepada Jonan.

Atas tawaran itu, Jonan sempat menolak dan justru ingin mencarikan sosok lain yang tepat. Alasannya? Sebagai orang berlatar bidang keuangan perbankan, Jonan mengaku tak paham perkeretaapian.

Meski akhirnya menerima jabatan itu, Jonan sempat nyaris “menyerah” setelah tiga bulan menjabat. Tapi Sofyan Djalil tetap bersikukuh dan memotivasi Jonan agar terus bekerja memperbaiki transportasi berbasis rel itu. Kepercayaan itu dibayar lunas.

Sejarah akhirnya mencatat, di tangan Jonan PT KAI mengalami reformasi. Jonan bekerja sebagai Dirut PT KAI sejak 25 Februari 2009 hingga  27 Oktober 2014.

Sistem tiket elektronik yang sekaligus mengakhiri praktek calo di dunia kereta api, modernisasi stasiun hingga tidak lagi kumuh, sistem AC di semua kelas kereta, hingga membuat KRL makin nyaman dan tidak ada lagi penumpang berjubel sampai ke atap kereta adalah beberapa warisan kerja Jonan yang bisa dinikmati masyarakat hingga saat ini.

Beberapa kisah di atas dituturkan Jonan kepada Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho dalam program BEGINU. Talkshow kolaborasi Kompas TV dan Kompas.com(*)

Penulis : Ekmal Muhammad


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:51
BMKG MEMPREDIKSI SEBAGIAN WILAYAH JABODETABEK AKAN DIGUYUR HUJAN DENGAN INTENSITAS RINGAN HARI INI    DISHUB DKI: KENDARAAN YANG BELUM UJI EMISI DAN TAK LULUS UJI EMISI AKAN DIKENAKAN TARIF PARKIR TERTINGGI   DISHUB DKI MULAI MELAKUKAN UJI COBA PEMBERIAN INSENTIF PARKIR UNTUK KENDARAAN YANG TELAH LULUS UJI EMISI   HARI INI, KASUM TNI TINJAU VAKSINASI COVID-19 KEPADA 1.746 BABINSA DAN BABINPOTDIRGA DI LANUD ADI SOEMARMO, JATENG   KEMENHAN LUNCURKAN SATU UNIT KAPAL ANGKUT (AT-18) H-355 YANG DIBERI NAMA KRI TELUK WEDA-526    KETUA TIM MITIGASI PB IDI ADIB KHUMAIDI: GELOMBANG PERTAMA PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA BELUM BISA DISEBUT BERAKHIR   HARI INI, KPU DAN KEMENKES AKAN TEKEN MOU AKSES DATA PEMILIH UNTUK VAKSINASI COVID-19    DINAS PERTAMANAN & HUTAN KOTA: PEMPROV DKI AKAN FOKUS OPTIMALISASI PENGGUNAAN LAHAN MAKAM YANG TERSEDIA   PEMPROV DKI MENYATAKAN TAK AKAN MEMBELI LAHAN UNTUK PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19    KADIN: SAAT INI SUDAH 8.300 PERUSAHAAN YANG MENDAFTAR UNTUK VAKSINASI COVID-19 MANDIRI ATAU GOTONG ROYONG   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: INSENTIF PPNBM MOBIL DAN RUMAH BISA DONGKRAK EKONOMI RI 1 PERSEN   KEMENKOP UKM & KEMENKEU AKAN MELANJUTKAN PROGRAM BLT RP 2,4 JUTA KEPADA PELAKU UMKM YANG TERKENA PANDEMI   ANTISIPASI UU PEMILU TAK DIREVISI, KPU USULKAN AGAR TAHAPAN PEMILU 2024 SELAMA 30 BULAN   KOMISIONER KPU VIRYAN AZIS SEBUT PIHAKNYA BERENCANA MENYUSUN TAHAPAN PEMILU 2024 SECARA LEBIH AWAL