Kompas TV nasional berita kompas tv

Visa Umrah Ditangguhkan, Bambang Soesatyo Minta PPIU Patuhi Protokol Kesehatan

Kompas.tv - 18 November 2020, 13:52 WIB
visa-umrah-ditangguhkan-bambang-soesatyo-minta-ppiu-patuhi-protokol-kesehatan
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Bambang Soesatyo (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Akbar Prabowo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menghormati keputusan Arab Saudi, terkait kemungkinan penangguhan sementara penerbitan visa umrah bagi jemaah Indonesia.

Bambang meminta pemerintah bersama penyelenggara ibadah umrah untuk lebih selektif menetapkan calon jemaah umrah dengan surat keterangan sehat dari dokter. 

"Berharap keputusan yang nantinya diambil Saudi menjadi pelajaran bagi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) ataupun jemaah umrah agar lebih memperhatikan kondisi kesehatan diri dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19," kata Bambang dalam pernyataan tertulis pada Rabu (18/11/2020). 

Baca Juga: Kemenag: Arab Saudi Stop Visa Umrah untuk Jemaah Indonesia

Bambang juga mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) dan PPIU, untuk dapat memastikan jamaah umrah selanjutnya terbebas dari Covid-19 dan dalam keadaan sehat berdasarkan keterangan dokter. 

Hal ini merupakan upaya pemerintah untuk mencegah terjadinya kembali jamaah umrah terinfeksi Covid-19 saat tiba di Saudi.

Sebelumnya diberitakan, Arab Saudi menghentikan sementara penertiban visa umrah bagi calon jemaah asal Indonesia setelah ditemukan 13 orang positif covid-19.

Terkait hal ini, Serikat Penyelenggara Umrah dan Haji menyebut perlunya prosedur yang jelas dari Arab Saudi yang nantinya akan menjadi tuntunan bagi calon jamaah umrah di tengah pandemi Covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x