Kompas TV internasional kompas dunia

Kemenag: Arab Saudi Stop Visa Umrah untuk Jemaah Indonesia

Kompas.tv - 17 November 2020, 21:11 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Kementerian Agama menyatakan bahwa Pemerintah Arab Saudi kembali menghentikan sementara penerbitan visa umrah untuk Indonesia sejak kembali dibuka pada 2 November 2020.

Penghentian visa umrah ini dilakukan setelah 13 anggota jemaah umrah asal Indonesia terkonfirmasi positif corona atau Covid-19. Namun, kabar ini ditepis Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia atau AMPHURI.

Sukacita calon jemaah umrah yang baru kembali diizinkan masuk ke Arab Saudi tidak berlangsung lama.

Setelah kembali dibuka pada awal November 2020, Kementerian Agama atau Kemenag menyatakan Arab Saudi kini lagi-lagi menutup pintu dan menghentikan sementara penerbitan visa umrah untuk jemaah asal Indonesia.

Salah satu penyebabnya adalah diduga karena 13 anggota jemaah umrah asal Indonesia terkonfirmasi positif corona dari hasil tes swab atau usap yang dilakukan Kementerian Kesehatan Arab Saudi saat mereka menjalani karantina di hotel selama tiga hari usai tiba di sana.

Namun, kabar penghentian sementara penerbitan visa umrah ini ditepis AMPHURI. Menurut Wasekjen AMPHURI yang mengonfirmasi langsung ke konsul haji KJRI Jeddah, yang ditutup adalah visa ziarah.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x