Kompas TV nasional sosial

Dinkes DKI Pantau Kemungkinan Munculnya Klaster Baru Usai Hajatan Rizieq Shihab

Kompas.tv - 17 November 2020, 20:03 WIB
dinkes-dki-pantau-kemungkinan-munculnya-klaster-baru-usai-hajatan-rizieq-shihab
Sebuah tenda, tampak terpasang di tengah Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu 14 November 2020. Tenda ini dipasang untuk persiapan acara Maulid Nabi dan pernikahan Anak dari Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. (Sumber: Wandi Yansen / Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemprov DKI Jakarta terus memantau kemunculan kasus Covid-19 usai acara yang diadakan Rizieq Shihab, Sabtu (14/11/2020).

Hal tersebut lantaran, potensi penularan sangat terbuka lantaran protokol kesehatan mengenai jaga jarak tidak terpenuhi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Dwi Oktavia menjelaskan masa inkubasi Covid-19 terhitung dua hari sampai dengan dua minggu pasca-penularan terjadi.

Baca Juga: Daftar Pejabat Polri yang Dicopot Diduga Karena Acara Habib Rizieq Shihab

Menurutnya jumlah penularan akan terlihat dua minggu sesudah peristiwa tersebut terjadi.

"Jadi kalau baru satu dua hari belum akan menunjukan adanya gambaran penularan,” ujarnya, saat dihubungi, Selasa (17/11/2020).

Lebih lanjut Dwi menjelaskan sejauh ini pihaknya belum mendapat laporan kasus positif Covid-19 atau penularan yang terjadi dari peristiwa kerumunan di acara Rizieq Shihab.

Namun Dinkes DKI Jakarta akan terus memantau perkembangan, dalam masa inkubasi virus terdapat orang yang mengalami gejala terpapar Covid-19.

Adapun inkubasi tercepat terjadi dalam waktu dua hari. Sedangkan inkubasi paling lambat terjadi dalam dua minggu.

Baca Juga: Pengamat: Nyali Aparat Ciut Melihat Massa Rizieq Shihab Berkumpul



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x