Kompas TV entertainment lifestyle

9 Tips dan Trik Merawat Tanaman Hias Agar Tak Layu

Kompas.tv - 15 November 2020, 20:37 WIB
9-tips-dan-trik-merawat-tanaman-hias-agar-tak-layu
Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tak Layu (Sumber: foodmatters.com)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tanaman hias kini menjadi sebuah koleksi yang amat digandrungi, selain memiliki keunikan dan tampilan yang cantik. Tanaman hias ini juga langka dan memiliki harga yang fantastis.

Kelangkaan tanaman hias ini pun menjadi salah satu kesulitan untuk merawat tanaman hias secara efektif, terlebih untuk pemula agar tanaman hias ini tak mudah layu saat dipajang di dalam rumah.

Dalam merawat tanaman, kita bisa mengikuti cara sebagai berikut agar tanaman sehat dan tidak layu.

1. Menyiram tanaman hias

Siram tanaman sesuai kebutuhan daripada mengikuti jadwal yang ditetapkan. Secara umum, tanaman yang ditanam di tanah yang kering dalam sebuah wadah harus disiram ketika 1-2 cm bagian atas tanah.

Kaktus dan tanaman sukulen hanya membutuhkan sedikit air, sementara tanaman berbunga biasanya memerlukan air lebih banyak.

Saat menyiram tanaman, hati-hati jangan berlebihan. Menyiram tanaman dengan air terlalu banyak adalah penyebab umum tanaman hias kesayangan kita menjadi layu, dan pada akhirnya mati.

 

2. Mengganti wadah atau pot tanaman hias

Jika akar tanaman mengelilingi bagian dalam wadah, itu tandanya kita harus mengganti wadah atau pot dengan yang lebih besar. Apabila kamu ingin tetap menyimpan tanaman itu di pot yang sama, potong beberapa akar dengan gunting dan tanam kembali ke dalam wadah menggunakan tanah yang baru dan segar.

 

3. Memperbanyak tanaman hias

Tanaman hias bisa diperbanyak melalui pembagian atau metode lain, seperti tanaman luar ruangan. Hal ini membantu mendorong lebih banyak tanaman hias yang tumbuh, serta cara efisien untuk menanam lebih banyak tanaman dari apa yang sudah kita punya.

 

4. Bersihkan debu yang menempel pada daun



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x