Kompas TV kuliner cerita rasa

Bakso Pentol Juragan Awas Nanti Ketagihan

Kompas.tv - 11 November 2020, 13:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - Meski sederhana yang satu ini juga jadi Primadona tampilannya yang bulat dengan lumuran saus pedas sukses bikin banyak orang penasaran ingin mencoba.

Ya inilah pentol yang memang masih satu rumpun dengan bakso perbedaannya adalah kandungan daging yang lebih sedikit, membuat pentol bertekstur lebih kenyal.

Pentol biasanya disajikan tanpa kuah cenderung kering dan dinikmati bersama saus. Saya mau ketemu juragan pentol di kawasan Tanjung Duren Jakarta Barat.

Pentol banyak dijumpai di Jawa Timur dan Jawa Tengah, disebut pentol karena bentuknya yang bulat-bulat mirip pentolan tapi varian pentol sekarang kian beragam.

Pentolnya juragan pentol memang beda dari pentol biasanya pentolnya gurih dan kenyal sausnya juga spesial, kalau biasanya pentol hanya menggunakan saus sambal dan kecap manis di sini ada banyak pilihan. 

Dari saus barbeque taichan dan saus sambal bisa juga ditambah mayonaise.

Varian pentol juragan yang menjadi favorit pelanggan adalah pentol gongso. Pencinta pedas bakal suka banget sama menu yang satu ini.

Sebelum disajikan pentol-pentol ini digongso terlebih dahulu dengan sambal cabai agar meresap. Sselain pedas Sambal ini punya aroma dan jeruk yang kuat. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x