Kompas TV internasional kompas dunia

Ucapan Selamat PM Suga Kepada Biden Disertai Harapan Penguatan Aliansi Jepang-AS

Kompas.tv - 10 November 2020, 19:44 WIB
ucapan-selamat-pm-suga-kepada-biden-disertai-harapan-penguatan-aliansi-jepang-as
PM Jepang Yoshihide Suga saat berpidato tentang kebijakannya di depan parlemen Jepang 26/10/2020 (Sumber: Associated Press )
Penulis : Johannes Mangihot

TOKYO, KOMPAS.TV – Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengucapkan selamat kepada Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih serta Kamala Devi Harris sebagai Wakil Presiden AS terpilih.

Ucapan selamat itu disampaikan PM Suga melalui akun Twitter pribadinya, Senin (9/10/2020).

Dalam pesannya, PM Suga juga berharap Aliansi dan kerja sama Jepang-AS dapat lebih kuat saat pemerintahan Negeri Paman Sam dipimpin oleh Joe Biden.

Baca Juga: Biden Burger Siap Jadi Menu Andalan di Yokosuka Jepang, Jika Joe Biden Menang

Dikutip dari Kyodo News, dalam keterangan pers nya Senin kemarin, PM Suga mengatakan, Jepang dan Amerika Serikat berbagi nilai-nilai fundamental seperti kebebasan dan demokrasi.

PM Suga  berharap dapat bekerja sama untuk "mengamankan perdamaian dan kemakmuran kawasan Indo-Pasifik.

Ia juga sedang menjadwalkan waktu terbaik untuk berkomunikasi dengan Joe Biden melalui telepon serta rencana kunjungan ke AS usai Joe Biden resmi dilantik.

PM Suga menyatakan keinginan untuk meningkatkan kerjasama hubungan bilateral kedua negara.

Baca Juga: Ucapan Selamat Jepang  untuk Kemenangan Joe Biden

"Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk lebih memperkuat Aliansi Jepang-AS. Dan memastikan perdamaian, kebebasan, serta  kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik dan sekitarnya," tulis PM Suga di akun Twitter pribadinya, Minggu (8/11/2020).

Kepala Sekretaris Kabinet sekaligus Juru bicara utama pemerintah Jepang, Katsunobu Kato dalam keterangan pers Senin kemarin mengatakan, pernyataan PM Suga tersebut merupakan pengakuan resmi Tokyo bahwa Biden telah memenangkan pemilihan Presiden AS.

Sekitar 55.000 tentara Amerika ditempatkan di Jepang di bawah perjanjian keamanan pasca-perang.

Hal ini untuk menanggapi kontingensi di wilayah tersebut dengan imbalan bantuan dalam mempertahankan diri Jepang dari potensi ancaman termasuk serangan rudal dari Korea Utara.

Baca Juga: Awal November 2020, Jepang Cabut Larangan Masuk dari 9 Negara

Masalah bilateral yang harus dibahas PM Suga dengan Biden diantaranya soal pembiayaan yang ditanggung Jepang serta relokasi pangkalan AS di daerah padat penduduk di Prefektur Okinawa Jepang Selatan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x