Kompas TV regional berita daerah

Merapi Siaga, Sapi Ternak Warga Lereng merapi Dievakuasi

Kompas.tv - 10 November 2020, 11:54 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SLEMAN, KOMPAS.TV - Lebih dari 200  ternak milik warga Kali Tengah Lor dan Kidul, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, dievakuasi ke sejumlah titik aman di luar zona bahaya Merapi.

Salah satu titik pengungsian ternak berada di kawasan Huntap Gading, dengan radius 10 kilometer dari puncak Merapi. Dikarenakan banyaknya ternak yang harus dipindahkan ke tempat aman, rencananya evakuasi akan berlangsung dalam beberapa tahap.

Sebagian besar ternak yang dievakusi adalah milik warga yang telah mengungsi ke Balai Desa Glagaharjo. Ternak milik warga yang telah mengungsi menjadi prioritas evakuasi, agar berdekatan dengan pemiliknya yang telah mengungsi. Khusus untuk sapi pedaging akan dievakuasi setelah kandangnya disiapkan.

Untuk pakan ternak nantinya pemilik sapi yang akan mencari namun dari BPBD Sleman akan menyiapkan armada agar bisa bersama-sama dalam berangkat mencari rumput.

Pemerintah Kabupaten Sleman tidak ingin  kejadian Tahun 2010 terulang kembali, ketika hewan ternak ditinggal, sementara warga sudah mengungsi. Atas kejadian tersebut, banyak hewan ternak milik warga yang tidak sempat diselamatkan. Evakuasi hewan ternak dilakukan setelah seluruh warga rentan seperti lansia, anak-anak, dan ibu hamil selesai dievakuasi terlebih dahulu.

#GunungMerapi #KabupatenSleman #BPBDSleman



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x