Kompas TV TALKSHOW vvip

Cerita Sukses Martha Tilaar Jalani Bisnis Kecantikan - VVIP

Senin, 9 November 2020 | 06:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Martha Tilaar lahir dengan nama Martha Handana di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, 4 September 1937. Ia adalah seorang pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang kosmetika dan jamu dengan nama dagang Sariayu. Bekerja sama dengan Kalbe Farma, ia membuat perusahaan kosmetika dan jamu Martina Berto. Selain itu ia juga memiliki usaha kerajinan di Sentolo, Yogyakarta bernama Prama Pratiwi Martha Gallery. Dia juga memiliki Kampoeng Djamoe Organik di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Sebagai kontribusi bagi kota kelahirannya, Gombong, Jawa Tengah, Martha pun meresmikan Roemah Martha Tilaar, yakni rumah masa kecilnya yang telah direnovasi dan ditata ala museum.

Martha sempat mengajar di Sekolah Dasar selama dua tahun. Setelah meraih gelar Sarjana Pendidikan dari IKIP Jakarta, ia juga sempat mengajar di alma maternya selama tiga tahun. Lalu mengikuti suaminya, Dr. Henry A. Rudolf Tilaar, yang bertugas ke Amerika Serikat.

Di sanalah ia belajar mengenai kecantikan. Ia mengambil kuliah kecantikan dan lulus dari Academy of Beauty Culture, Bloomington, Indiana, Amerika Serikat. Ia kemudian bekerja selama tiga tahun di Campes Beauty Salon, Universitas Indiana, Amerika Serikat. Begitu lulus dari akademi kecantikan, Martha segera membuka praktek salon kecantikan di negeri Paman Sam itu. Ia membuat selebaran semacam brosur sederhana, mempromosikan jasa layanan salonnya. Berbagai usaha promosi dilakukan seperti masuk ke kampus-kampus, mendatangi rumah-rumah mantan dosen untuk mendandani para istrinya. Begitu pula kepada mahasiswa-mahasiswa Indonesia, atau ibu-ibu yang mengikuti suaminya tugas di luar negeri.

 

Penulis : Yudho Priambodo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:49
WAMENKUMHAM SEBUT PEMERINTAH DAN DPR SEPAKAT AKAN MASUKKAN RUU KUHP KE PROLEGNAS PRIORITAS JULI 2021   WAMENKUMHAM: PEMERINTAH BELUM BERIKAN DRAF RUU KUHP VERSI TERAKHIR KE PUBLIK KARENA SEJUMLAH PERTIMBANGAN POLITIS   DPR MEMPERPANJANG PEMBAHASAN RUU PERLINDUNGAN DATA PRIBADI DAN RUU PENANGGULANGAN BENCANA   SEBANYAK 25 WARGA POSITIF COVID-19, PERUMAHAN PONDOK MITRA LESTARI DI KOTA BEKASI MELAKUKAN “LOCKDOWN” LOKAL   MENDAGRI: SINERGI ANTARA PEMERINTAH & PEMDA JADI KUNCI KEBERHASILAN PPKM MIKRO CEGAH PENYEBARAN COVID-19   KEPALA STAF KEPRESIDENAN MOELDOKO MENDORONG RUU PENGHAPUSAN KEKERASAN SEKSUAL (RUU PKS) SEGERA DISAHKAN   HUT DKI JAKARTA, GUBERNUR ANIES BASWEDAN OPTIMISTIS JAKARTA BANGKIT DARI PANDEMI COVID-19   KETUA MPR MINTA PEMERINTAH PERTIMBANGKAN OPSI “LOCKDOWN” REGIONAL DI JAWA, SUMATERA, DAN KALIMANTAN   KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKOT TANGERANG BATALKAN SEKOLAH TATAP MUKA YANG DIRENCANAKAN DIGELAR JULI 2021   PEMKOT TANGSEL SEBUT RSU SERPONG UTARA BELUM BISA BEROPERASI PENUH KARENA ANGGARAN TERBATAS   PN JAKPUS TUTUP SEMENTARA SELAMA TIGA HARI SETELAH 27 HAKIM HINGGA PEGAWAI TERPAPAR COVID-19   GRAHA WISATA TMII HANYA MEMILIKI DAYA TAMPUNG MAKSIMAL 100 PASIEN DENGAN KETERSEDIAAN 33 KAMAR   HINGGA SIANG INI, MASIH ADA 72 PASIEN TANPA GEJALA YANG MENJALANI ISOLASI MANDIRI DI GRAHA WISATA TMII   RUANG ISOLASI MANDIRI DI GRAHA WISATA TMII, JAKARTA TIMUR, DIPERKIRAKAN PENUH HARI INI