Kompas TV regional berita daerah

Lakukan Aksi Lanjutan, Mahasiswa Kecam Tindakan Represif Saat Demo Menolak UU Omnibus Law

Kompas.tv - 7 November 2020, 03:39 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Tak berhenti usai berunjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di depan Kantor DPRD Kalimantan Selatan pagi hari, mahasiswa kembali menggelar aksi di depan kampus masing-masing hingga sore hari, pada Kamis (5/11/2020). 

Seperti yang dilakukan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari yang berorasi di depan kampus di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin.

Membentangkan spanduk protes tindakan represif dan penolakan UU Omnibus Law Cipta kerja, mahasiswa berorasi di pinggir jalan.

Baca Juga: Ingin Jemput Rekannya yang Diamankan, Mahasiswa dan Aparat Bersitegang di Depan Mapolda Kalsel

Selain di UIN Antasari, mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) juga melakukan orasi di depan kampus  sebagai bentuk solidaritas atas satu rekannya yang diamankan polisi saat aksi pada pagi harinya. Mahasiswa juga mengecam dan menyayangkan dugaan tindakan represif aparat dalam kejadian tersebut.

Mahasiswa meminta agar rekannya yang diamankan polisi segera dibebaskan tanpa syarat. 

“Aksi kampus ini bentuk solidaritas kita, karna kalaupun kita di depan gedung DPRD takutnya kami satu persatu massa saksi akan tumbang dan chaos,” kata Koordinator Aksi di Lapangan, Muhammad Nur Alif. 

Baca Juga: Dinilai Cacat Formil, BEM Se-Kalsel dan Walhi Kembalikan Surat Pemanggilan dari Polisi Terkait Demo

Aksi protes ini sebagai buntut diamankannya koordinator lapangan aksi unjuk rasa pada kamis pagi yang berakhir ricuh setelah terjadj aksi saling dorong antara petugas dan mahasiswa.

Saling dorong terjadi setelah keinginan mahasiswa memeriksa keberadaan anggota DPRD Kalimantan Selatan dan PLT Gubernur Kalimantan Selatan yang tak dipenuhi petugas lantaran diduga sudah meninggalkan lokasi.

Mahasiswa bahkan sempat mendatangi Mapolda Kalimantan Selatan untuk menuntut pembebasan rekannya tersebut. 

Mahasiswa yang diamankanpun akhirnya dibebaskan pada malam harinya sekitar pukul 21.30 Wita setelah diperiksa di Polresta Banjarmasin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x