Kompas TV regional berita daerah

Trauma Healing Bagi Anak Korban Banjir di Banyumas

Senin, 2 November 2020 | 15:15 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.TV - Sejumlah sukarelawan memberikan trauma healing, atau penyembuhan pascatrauma bagi anak-anak korban banjir di Banyumas, Jawa Tengah. 

Hingga kini, sebagian warga bertahan di pengungsian, karena rumah mereka masih terendam banjir.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, para sukarelawan ini menggerakkan tangan, diiringi musik dan diikuti oleh puluhan anak-anak korban banjir yang melanda tiga desa di wilayah Kecamatan Kemranjen, Banyumas, Jawa Tengah.

Bukan tanpa alasan, para sukarelawan ini peduli dengan kesehatan mental korban banjir, khususnya anak-anak dengan memberikan trauma healing atau penyembuhan pascatrauma. 

Trauma healing diberikan sukarelawan yang kebanyakan adalah mahasiswa psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, agar anak korban banjir tidak merasa tertekan dan stres selama di pengungsian.

Banjir yang terjadi di Banyumas sejak pekan lalu, kini perlahan surut. 
    
Namun beberapa desa masih terendam air dengan ketinggian mencapai satu meter, sehingga sebagian warga memilih untuk tetap berada di pengungsian, yakni di masjid dan gedung sekolah.
 

Penulis : Merlion Gusti


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:21
KETUA KPU SUMATERA SELATAN KELLY MARIANA MENINGGAL DUNIA KARENA POSITIF KORONA   PEMBANGUNAN 4 DARI 7 "VENUE" PON XX PAPUA TELAH SELESAI DAN SIAP DISERAHKAN KE PEMDA   INGGRIS UNDANG PARA PEMIMPIN G7 KE CORNWALL UNTUK KTT PADA JUNI 2021   CEO TESLA DAN SPACEX, ELON MUSK, MENYUMBANGKAN RP 70 MILIAR UNTUK AKSES PENDIDIKAN GRATIS   MUSEUM SMITHSONIAN DI AS KUMPULKAN ARTEFAK DARI KERUSUHAN DI GEDUNG CAPITOL   PAKISTAN SETUJUI PENGGUNAAN DARURAT VAKSIN KORONA BUATAN INGGRIS, ASTRAZENECA   TIONGKOK JANJI SUMBANGKAN 500 RIBU VAKSIN VIRUS KORONA GRATIS KE FILIPINA   ARTIS FARIDA PASHA MENINGGAL DUNIA KARENA TERINFEKSI VIRUS KORONA   PMI KIRIM 10 UNIT TRUK TANGKI AIR BERSIH UNTUK KORBAN GEMPA SULBAR   BURON SEJAK 2016, TERPIDANA KASUS PERDAGANGAN MANUSIA DI NTT, STEFEN AGUSTINUS BIN OEI KIM KONG, DITANGKAP   PEMKAB SLEMAN, DIY, BELUM AKAN MEMULANGKAN PENGUNGSI DARURAT BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI DI BARAK GLAGAHARJO   DITJEN DUKCAPIL: 15 DOKUMEN KEMATIAN KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 TELAH TERBIT   TOTAL 24 KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 TELAH TERIDENTIFIKASI BERDASARKAN DNA DAN SIDIK JARI   HINGGA HARI INI, TIM DVI POLRI TELAH MENERIMA 188 KANTONG JENAZAH KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182