Kompas TV nasional sapa indonesia

Sindir Menteri 'P' Cari Pamor, Relawan Jokowi: Kami Tidak Mau Presiden Ditipu Lingkarannya Sendiri

Senin, 26 Oktober 2020 | 23:30 WIB

KOMPAS.TV - 1 tahun lalu, Presiden Jokowi memamerkan para menteri kabinet, di periode kedua pemerintahannya dengan cara tak biasa.

Pada momen ini, Presiden Jokowi langsung memberi peringatan soal visi-misi tunggal untuk pemerintahannya 5 tahun ke depan.

Saat itu, Jokowi tegas menyebut tak ada visi - misi Menteri, yang ada hanya visi dan misi presiden.

Presiden Jokowi, kembali mengulang peringatan yang salam pada para menterinya saat sidang perdana Kabinet Indonesia Maju. Tak hanya itu, Presiden Jokowi menyatakan kerja kabinet adalah kerja tim. Para menteri diminta presiden menghilangkan egonya.

Tahun pertama di periode kedua, mulai berhembus kritik kinerja Menteri Jokowi yang terlontar dari partai menaungi Jokowi.

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyindir totalitas menteri, terkait pencitraan untuk Pilpres 2024, meski tidak disebut siapa menteri yang dimaksud.  

Sentilan atas kinerja menteri Jokowi, juga datang dari kelompok relawan Jokowi yang menyebut ada menteri berinisial "P" yang kinerjanya dinilai tidak memuaskan dan justru dinilai sibuk berbisnis dan berpolitik.

Terkait tudingan relawan Jokowi Mania, Partai Gerindra pun angkat bicara membela prabowo subianto.

Presiden Jokowi, pernah melontarkan ancaman perombakan kabinet, namun hingga kini tak terjadi.

Kala itu, Presiden geram karena kinerja kabinet yang dinilainya 'biasa-biasa saja'.

Bagaimana dengan tantangan tahun kedua pemerintahan Jokowi-Maruf? Masihkah para Menteri Kabinet Indonesia Maju setia dengan visi misi tunggal yaitu visi misi presiden, bukan visi misi menteri? 

Simak dialog selengkapnya bersama Ketua Umum Kelompok Relawan Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer, Sekjen PPP, Arsul Sani dan Ketua DPP Partai Gerindra Vasco Ruseimy.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Harga lobster anjlok akibat pandemi

Senin, 30 November 2020 | 21:04 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
21:06
AKTIVITAS GUNUNG SEMERU MENINGKAT, BANDARA ABDULRACHMAN SALEH DI MALANH, JATIM, TETAP BEROPERASI NORMAL   BMKG: DALAM EMPAT HARI TERAKHIR KABUPATEN PARIGI MOUTONG, SULTENG, DAN SEKITARNYA DIGUNCANG 25 KALI GEMPA   KPK TELAH LIMPAHKAN PENYIDIKAN KASUS DUGAAN KORUPSI DAN GRATIFIKASI MANTAN BUPATI BOGOR RACHMAT YASIN KE JAKSA   PENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK RAHADIANSYAH MINTA PEMDA FOKUS PENEGAKAN PROTOKOL KESEHATAN SAAT LIBUR NATAL & TAHUN BARU   WAPRES MA'RUF AMIN BERHARAP FORUM ZAKAT DUNIA DAPAT MEMBANTU PEMULIHAN EKONOMI DUNIA PASCA PANDEMI COVID-19   ANTISIPASI KASUS COVID-19 NAIK, WALI KOTA BEKASI TAMBAH TEMPAT TIDUR DI RUANG ISOLASI DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA   POLISI PERIKSA RT HINGGA CAMAT TANAH ABANG TERKAIT ACARA PIMPINAN FPI RIZIEQ SHIHAB YANG MENIMBULKAN KERUMUNAN   PERLUDEM MEMINTA PEMERINTAH PERKUAT KOORDINASI MITIGASI POTENSI PENULARAN COVID-19 SAAT PILKADA SERENTAK 2020   PEMKOT SOLO TUTUP SEMENTARA PASAR GEDE SISI TIMUR SELAMA SEPEKAN SETELAH 11 PEDAGANG DINYATAKAN POSITIF COVID-19   KADINKES DKI WIDYASTUTI SEBUT WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA POSITIF COVID-19 MESKI TIDAK BERGEJALA ATAU OTG   PRESIDEN JOKOWI MEMINTA KAPOLRI USUT TUNTAS JARINGAN PELAKU TEROR DI KABUPATEN SIGI HINGGA KE AKARNYA   PRESIDEN JOKOWI MENGUTUK KERAS SEGALA BENTUK TINDAK TEROR & DI LUAR BATAS KEMANUSIAAN DI KABUPATEN SIGI   PEMERINTAH MENJAMIN KEAMANAN WARGA PASCAPERISTIWA PEMBUNUHAN DI KABUPATEN SIGI   MARSEKAL HADI TJAHJANTO SIAPKAN PASUKAN KHUSUS TNI UNTUK BURU PELAKU PEMBUNUHAN DI KABUPATEN SIGI, SULTENG