Kompas TV nasional sapa indonesia

Sindir Menteri 'P' Cari Pamor, Relawan Jokowi: Kami Tidak Mau Presiden Ditipu Lingkarannya Sendiri

Senin, 26 Oktober 2020 | 23:30 WIB

KOMPAS.TV - 1 tahun lalu, Presiden Jokowi memamerkan para menteri kabinet, di periode kedua pemerintahannya dengan cara tak biasa.

Pada momen ini, Presiden Jokowi langsung memberi peringatan soal visi-misi tunggal untuk pemerintahannya 5 tahun ke depan.

Saat itu, Jokowi tegas menyebut tak ada visi - misi Menteri, yang ada hanya visi dan misi presiden.

Presiden Jokowi, kembali mengulang peringatan yang salam pada para menterinya saat sidang perdana Kabinet Indonesia Maju. Tak hanya itu, Presiden Jokowi menyatakan kerja kabinet adalah kerja tim. Para menteri diminta presiden menghilangkan egonya.

Tahun pertama di periode kedua, mulai berhembus kritik kinerja Menteri Jokowi yang terlontar dari partai menaungi Jokowi.

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyindir totalitas menteri, terkait pencitraan untuk Pilpres 2024, meski tidak disebut siapa menteri yang dimaksud.  

Sentilan atas kinerja menteri Jokowi, juga datang dari kelompok relawan Jokowi yang menyebut ada menteri berinisial "P" yang kinerjanya dinilai tidak memuaskan dan justru dinilai sibuk berbisnis dan berpolitik.

Terkait tudingan relawan Jokowi Mania, Partai Gerindra pun angkat bicara membela prabowo subianto.

Presiden Jokowi, pernah melontarkan ancaman perombakan kabinet, namun hingga kini tak terjadi.

Kala itu, Presiden geram karena kinerja kabinet yang dinilainya 'biasa-biasa saja'.

Bagaimana dengan tantangan tahun kedua pemerintahan Jokowi-Maruf? Masihkah para Menteri Kabinet Indonesia Maju setia dengan visi misi tunggal yaitu visi misi presiden, bukan visi misi menteri? 

Simak dialog selengkapnya bersama Ketua Umum Kelompok Relawan Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer, Sekjen PPP, Arsul Sani dan Ketua DPP Partai Gerindra Vasco Ruseimy.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:57
PM SELANDIA BARU JACINDA ARDERN: “LOCKDOWN” DI AUCKLAND BERLANGSUNG SELAMA 7 HARI KE DEPAN   PM SELANDIA BARU JACINDA ARDERN KEMBALI “LOCKDOWN” KOTA AUCKLAND SETELAH TERDETEKSI SATU KASUS COVID-19   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA TNI-POLRI SIAPKAN STRATEGI HADAPI PROPAGANDA KKB   RSUD DAN GEDUNG DPRD RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 5,2 YANG GUNCANG HALMAHERA SELATAN PADA JUMAT MALAM   DENSUS 88 TANGKAP SEJUMLAH TERORIS DI JATIM, KABID HUMAS POLDA JATIM: MASIH TERUS DILAKUKAN PENGEMBANGAN   BPBD SIAGAKAN SEJUMLAH PERSONEL UNTUK ANTISIPASI TERJADINYA BENCANA HIDROMETEOROLOGI DI SELATAN JABAR   BPBD: SIAGA BENCANA BANJIR DAN LONGSOR DI SELATAN JABAR PADA 27-28 FEBRUARI 2021   PT JASA MARGA OPTIMISTIS JALAN TOL CINERE-SERPONG SEKSI 1 BISA BEROPERASI PADA AWAL KUARTAL II TAHUN INI   POLRES JAKARTA BARAT GAGALKAN PENYELUNDUPAN 100 KG GANJA DALAM DRUM DI KOTA DEPOK   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TARGETKAN 578,8 KILOMETER JALUR SEPEDA DI JAKARTA SELESAI PADA 2030   POLDA SUMATERA UTARA TANGKAP 3 PENGEDAR NARKOBA, 6 KG SABU DISITA   POLDA ACEH USUT INVESTASI BODONG DINAR KHALIFAH, 250 MEMBER SETOR RP 20 M   ANGGOTA KOMISI IX DPR NETTY PRASETIYANI MINTA PEMERINTAH UNGKAP JENIS-JENIS VAKSINASI COVID-19 MANDIRI   KADIN MENGKLAIM SEKITAR 7.000 PERUSAHAAN MENDAFTAR BERPARTISIPASI DALAM VAKSIN MANDIRI