Kompas TV klik360 cerita indonesia

Jokowi Pastikan Permudah Izin Usaha dan Gratiskan Sertifikasi Halal

Senin, 26 Oktober 2020 | 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPASTV – Presiden Joko Widodo menyebut birokrasi di Indonesia adalah paling rumit di seluruh dunia.

Oleh karena itu, dirinya menyebut perlu adanya reformasi birokrasi, salah satunya dengan menerapkan undang-undang cipta kerja.

Dalam reformasi birokrasi tersebut, Jokowi berjanji mempermudah izin usaha bagi UMKM.

sertifikasi halal pun akan digratiskan pemerintah. 

“Kita mengganti izin usaha dengan hanya pendaftaran untuk UMKM. Kita permudah pendirian PT dengan modal minimal dan tidak ada pembatasan. Juga koperasi juga bisa didirikan dengan 9 orang. Sertifikasi halal bagi UMK kita gratiskan, dibiayai oleh APBN”, ungkap Jokowi saat memberikan sambutan pada Hari Ulang Tahun Golkar yang ke-56 (24/10).

Baca Juga: Jokowi Curhat Masalah Yang Dihadapi Saat Jadi Pengusaha

Harapannya, dengan reformasi struktural tersebut, UMKM dapat terbantu, sehingga pada akhirnya banyak lapangan pekerjaan yang tercipta. 

Kebijakan ini diharapkan dapat membangkitkan perekonomian masyarakat, terutama setelah mengalami dampak Covid-19.

“Reformasi struktural ini dimaksudkan agar Usaha Mikro, usaha kecil dan usaha menengah berkembang dengan pesat. Serta, industri padat tenaga kerja tumbuh dengan pesat”, tambahnya.

Penulis : Abdur Rahim


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:18
WAPRES MA'RUF AMIN HARAP ATURAN VAKSINASI COVID-19 MANDIRI KELUAR MINGGU DEPAN   WAPRES MA'RUF AMIN NILAI KELOMPOK ANTIVAKSIN COVID-19 SUDAH BERKURANG   KEMENPAREKRAF TUNJUK SELEBRITAS LADY MARSELLA JADI DUTA SATGAS TOILET UNTUK BENAHI TOILET DI KAWASAN PARIWISATA   PEMPROV DKI MULAI REALISASIKAN PEMBUATAN PEMBATAS JALUR SEPEDA PERMANEN DI SEPANJANG JALAN SUDIRMAN-THAMRIN   SEMPAT DIHENTIKAN, VAKSINASI COVID-19 PEDAGANG DI PASAR TANAH ABANG KEMBALI DILANJUTKAN HARI INI   MENKO MARVES LUHUT MINTA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI MALUKU DIPERCEPAT UNTUK DUKUNG LUMBUNG IKAN NASIONAL   KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DORONG PEMDA KEMBANGKAN TALENTA DIGITAL   MENTERI PUPR: PENANGANAN BANJIR HARUS DIKERJAKAN SECARA SISTEMIK DARI HULU SAMPAI KE HILIR   BUPATI BATANG IZINKAN SEKOLAH DI ZONA HIJAU GELAR KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) TATAP MUKA AWAL MARET 2021   PEMKAB TEMANGGUNG SASAR VAKSINASI TAHAP DUA UNTUK GURU HINGGA SOPIR ANGKUTAN UMUM   KEMENDIKBUD: VAKSINASI COVID-19 GURU DAN DOSEN DEMI WUJUDKAN SEKOLAH TATAP MUKA JULI 2021   SATGAS PENANGGULANGAN BENCANA KARHUTLA DI ROKAN HULU, RIAU, PATROLI GUNAKAN HELIKOPTER   INSTITUT PERTANIAN BOGOR SIAP BANTU PELAKSANAAN UJI PRAKLINIS VAKSIN COVID-19 MERAH PUTIH   ANALISIS MENDALAM SEPUTAR PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL. SIMAK SELENGKAPNYA: KLIK.KOMPAS.ID