Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Arab & Rusia Bertemu, Pecahkan Anjloknya Harga Minyak Dunia

Kompas.tv - 19 Oktober 2020, 20:21 WIB
arab-rusia-bertemu-pecahkan-anjloknya-harga-minyak-dunia
PRODUKSI MINYAK MENTAH DUNIA (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Dyah Megasari

JAKARTA, KOMPASTV. Membaiknya perekonomian China, seharusnya memberi angin segar bagi harga minyak mentah dunia. Tetapi, harga minyak mentah acuan di dunia yaitu jenis WTI dan Brent, kompak melemah hari ini.

Harga WTI untuk pengiriman 20 November hari ini di Bloomberg, terkoreksi 0,39 persen ke USD 40,72 per barel. Sedangkan jenis Brent, turun 0,33 persen ke USD 42,79 per barel.

Mala mini, Senin 19 Oktober 2020, negara yang tergabung dalam kelompok produsen minyak dunia OPEC+ akan bertemu untuk membahas prospek kebutuhan minyak dunia. Perbaikan ekonomi China yang biasanya diikuti oleh permintaan bahan bakar, belum cukup menopang pemulihan ekonomi dunia. Ini artinyam harga minyak masih sulit terungkit.

Komite pemantauan kementerian bersama OPEC+, yang terdiri dari produsen utama Arab Saudi dan Rusia, dijadwalkan bertemu mulai 1330 GMT atau sekitar pukul 20.30 WIB.

Baca Juga: Soal Posisi di Pertamina, Ahok: Saya Direktur Utama Nyaru Komisaris Utama

Upaya menahat atau syukur-syukur mengerek harga komoditas ini sudah dilakukan oleh OPEC+. Di antaranya mengurangi produksi . Pengurangan produksi mencapai 9,7 juta barel per hari sejak Mei-Juli 2020. OPEC+ pun berniat kembali pangkas pemotongan sebesar 2 juta barel per hari mulai Januari 2021. (Dyah Megasari. Sumber: Bloomberg)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x