Kompas TV nasional peristiwa

Kondisi Terkini Hamzah Haz, Arsul: Beliau Masih Sadar

Kompas.tv - 19 Oktober 2020, 20:21 WIB
kondisi-terkini-hamzah-haz-arsul-beliau-masih-sadar
Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz (Sumber: Sekretariat Presiden via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Wakil Presiden RI Hamzah Haz dipastikan dalam kondisi sadar dan masih menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

Kondisi Hamzah Haz tersebut diungkapkan oleh Sekjen PPP Arsul Sani usai membesuk di RSPAD Gatot Soebroto, Senin (19/10/2020).

"Barusan saya menjenguk langsung beliau, alhamdulillah bisa merespon apa yang kita sampaikan. Memang tentu tidak bisa menjawab, karena beliau kan ada selang bantuan pernapasan," kata Arsul.

Arsul pun memastikan sesepuh PPP itu dalam kondisi sadar saat dirinya membesuk di ruang perawatan HICU Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto.

"Secara umum keadaannya kesadarannya baik habis maghrib ini karena beliau masih merespon apa-apa yang kita bicarakan kita omongkan," katanya.

Baca Juga: Wakil Presiden ke-9 RI, Hamzah Haz Sakit dan Dirawat di RSPAD Gatot Soebroto

Arsul mengaku bisa berkomunikasi dengan Hamzah Haz, meski terbatas. Dalam komunikasi tersebut, Hamzah Haz mengucapkan terima kasih kepada Arsul.

"Ketika saya tengok mengucapkan terima kasih. Mohon doa begitu dari bahasa bibirnya. Bisa dibaca seperti itu," ungkap Arsul.

Di usia Hamzah Haz saat ini, 80 tahun, menurut Arsul adalah hal yang wajar jika kondisinya menurun. Begitu pula dengan organ-organ yang tidak lagi berfungsi dengan baik, seperti organ pencernaan.

"Karena gangguan di organ pencernaan itu makanya memengaruhi organ pernapasannya," ujar Arsul.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x