Kompas TV regional berita daerah

Adaptasi UMKM Dan Koperasi Ditengah Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 17 Oktober 2020, 18:45 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Beragam cara pelatihan dilakukan untuk warga agar bisa beradaptasi dimasa pandemi covid-19.

Kementerian koperasi dan UKM menggelar pelatihan peningkatan sumber daya manusia bagi pelaku koperasi dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kalimantan Timur.

Acara ini di buka langsung oleh gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, didamping sejumlah petinggi kementerian koperasi dan UKM selasa siang.

Pelatihan ini diikuti sekitar 150 peserta yang terdiri dari lima angkatan, yakni pelatihan manajemen organisasi dan pengelolaan koperasi, pelatihan perkoperasian di kawasan perikanan dan peternakan, pelatihan penggunaan teknologi digital dan pembuatan website bagi UMKM. 

Serta pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat perkebunan atau pertanian dan peternakan atau perikanan,  pelatihan strategi penguatan bisnis wirausaha dan FGD kampung koperasi menuju modernisasi koperasi.

Deputi bidang kelembagaan kemenkop UKM, Rulli Nnuryanto menjelsakan, kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan kapasitas dan kemampuan pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha. Pasalnya dampak pandemi covid-19 sangat  dirasakan oleh masyarakat dan pelaku UMKM di Indonesia maupun dunia.

Untuk itu, perlunya adaptasi dan penyesuaian pola usaha di tengah pandemik covid-19 agar pelaku UMKM bisa mengembangkan usahanya.

Untuk itu, pemanfaatan informasi teknologi sangat membatu bagi pelaku ukm untuk mengembangkan usaha karena di tengah kondisi pendemi para pengusaha umkm terbatas untuk berinteraksi kepada para konsumen.

Pihaknya juga berharap agar UMKM dan koperasi bisa bekerja sama dalam mengembangkan usaha dan mampu beradaptasi di tengah pandemi covid-19.

#KoperasiDanUMKM#PelatihanPelakuKoperasi#KemenkopUKM



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x