Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Dia 9 Negara Terkaya di Dunia 2020

Kompas.tv - 17 Oktober 2020, 11:59 WIB
ini-dia-9-negara-terkaya-di-dunia-2020
Suasana Doha, Qatar (Sumber: Shutterstock/Gordon Bell)
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada 9 negara terkaya di dunia pada tahun 2020 yang dikutip dari Global Finance.

Sembilan negara tersebut seperti dilansir dari infografis Kompas.com (14/10/2020) adalah Qatar, Luksemburg, Singapura, Brunei Darussalam, Irlandia, Norwegia, Uni Emirat Arab, Kuwait dan Swiss.

1. Qatar
PDB atas dasar paritas daya beli (PPP) mencapai 132.886 dollar AS. Sumber kekayaan berasal dari cadangan minyak, gas, dan petrokimia yang sangat besar.

2. Luksemburg
Luksemburg menggunakan sebagian besar kekayaannya untuk menghadirkan perumahan, perawatan, kesehatan, dan pendidikan yang lebih baik bagi masyarakatnya. Sejauh ini masyarakat Luksemburg menikmati standar hidup tertinggi di zona Eropa.

3. Singapura
Negara di kawasan Asia Tenggara ini berhasil menduduki posisi ke-3 negara terkaya di dunia. Singapura adalah surga fiskal yang makmur di mana keuntungan modal dan dividen bebas pajak.

4. Brunei Darussalam
Diperkirakan kekayaan Brunei Darussalam mencapai sekitar 28 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 392 triliun. Kekayaan tersebut bersumber dari cadangan minyak dan gas alam.

5. Irlandia
Irlandia mempunyai PDB-PPP sebesar 83.399 dollar AS. Pada 2019, Irlandia meningkat lebih dari 5,5 persen mengkonsolidasikan perannya sebagai negara dengan pertumbuhan tercepat di benua tersebut.

6. Norwegia
Norwegia menjadi salah satu negara penghasil minyak bumi terbesar di Eropa Barat. Pada Juni, hanya beberapa minggu setelah memangkas suku bunga menjadi nol, gubernur bank sentral negara ini mengatakan ia terkejut dengan kecepatan dan kekuatan rebound ekonomi dalam produktivitas.

7. Uni Emirat Arab
Pertanian, perikanan, dan perdagangan adalah andalan ekonomi negeri ini, namun pada 1950-an ketika minyak ditemukan membuat perekonomian negara ini berubah. Sektor lainnya seperti konstruksi dan pariwisata juga menjadi industri utama.

8. Kuwait
Dengan cadangan minyak yang banyak, negara ini memiliki lebih dari 6 persen dari total cadangan dunia.

9. Swiss
Perekonomian Swiss meningkat dari layanan perbankan, asuransi dan pariwisata. Ekspor produk farmasi, permata dan logam mulia, dan mesin presisi juga menjadi andalan Swiss.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x