Kompas TV nasional politik

Prabowo Dijadwalkan Bertemu dengan Menhan AS Mark Esper di Pentagon

Kompas.tv - 16 Oktober 2020, 09:18 WIB
prabowo-dijadwalkan-bertemu-dengan-menhan-as-mark-esper-di-pentagon
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memimpin Sertijab pejabat Eselon I di Lingkungan Kemhan. (Sumber: Dokumen Kemhan.go.id)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dijadwalkan bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper, Jumat (16/10/2020) waktu setempat. 

Lawatan kerja Prabowo ke AS sudah dimulai sejak 15 Oktober dan akan berakhir pada 19 Oktober nanti. 

Sejumlah agenda yang akan dibahas antar kedua Menhan itu yakni masalah regional, masalah perdagangan, kerja sama keamanan, aktivitas kemiliteran, dan upaya respons Covid-19.

Baca Juga: Prabowo Datang ke AS untuk Perkuat Kerja Sama Pertahanan

"Kementerian Pertahanan Amerika Serikat akan menerima Menteri Prabowo di Pentagon pada 16 Oktober," ujar Juru Bicara Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat di Jakarta Michael Quinlan dalam keterangannya, Jumat(16/10/2020).

Michael juga menambahkan pertemuan Mark Esper dengan Prabowo sekaligus memperkuat hubungan bilateral di bidang pertahanan Indonesia-AS. 

Di hari sebelumnya Prabowo menghadiri pertemuan dengan sejumlah pejabat tinggi pemerintahan AS di Gedung Pentagon.

Sejak dilantik menjadi Menhan Prabowo telah mengunjungi 11 negara untuk melakukan diplomasi pertahanan. Salah satunya mengenai pembaruan alat utama sistem pertahanan (Alutsista).

Baca Juga: Kunjungan Prabowo ke AS: Dikiritik Aktivis HAM, Dibela Pentagon

11 negara yang telah dikunjungi Ketua Umum Partai Gerindra itu yakni Malaysia, Jepang, Thailand, China. Kemudian Filipina, Prancis Rusia lalu Uni Emirat Arab serta Turki pada Juli lalu.

Adapun kedatangan Prabowo ke AS atas undangan Menhan Mark Esper beberapa waktu lalu.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x