Kompas TV entertainment selebriti

Curhat Shireen Sungkar Kista yang Dulu 2 Kali Dioperasi Kini Muncul Lagi

Kompas.tv - 14 Oktober 2020, 15:27 WIB
curhat-shireen-sungkar-kista-yang-dulu-2-kali-dioperasi-kini-muncul-lagi
Shireen Sungkar (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ade Indra Kusuma

JAKARTA, KOMPAS.TV - Shireen Sungkar kali ini berbagi kegiatan rutinitasnya, dimana dirinya tengah memeriksa kista yang diduga kembali tumbuh di dalam tubuhnya.

Wanita berusia 28 tahun ini mengaku pernah memiliki kista sebesar 12 cm setelah melahirkan anak pertamanya, Adam.

"Kalau aku mau cek, jadi sebenarnya sudah beberapa tahun belakangan ini kista, terus alhamdulillah melahirkan, cuma habis melahirkan tumbuh lagi," beber Shireen Sungkar dalam YouTube The Sungkars Family, Selasa (13/10/2020)..  

"Dulu itu pernah kista 12 cm terus dioperasi sudah hilang, habis itu numbuh lagi terus di operasi lagi. Nah sekarang ada lagi, jadi sekarang mau cek lagi aja karena sudah mulai agak sakit," lanjut Shireen.

Tak hanya sakit saat menstruasi, diakui Shireen Sungkar, ia pun kerap merasa kesakitan saat melakukan hubungan suami istri.

Setelah melakukan USG, dokter kandungan Shireen Sungkar mengakui bahwa memang ada masalah di rahimnya, yaitu kista.

"Di sebelah kanan, kita curiga ada dermoid ukurannya kurang lebih 5-6 cm. Sebelah kiri ada juga kista bisa sifatnya hormonal bisa juga sifatnya memang ada dari sebelumnya," kata dokter yang menangani Shireen Sungkar.

Kista sudah menjadi momok menakutkan bagi semua perempuan. Pasalnya, penyakit ini bisa membuat wanita susah hamil. 

Perlu diketahui bahwa kista sering kali muncul tanpa gejala dan bisa hilang dengan sendirinya.

Kista folikel, misalnya, kebanyakan tidak memengaruhi siklus menstruasi. Sedangkan kista korpus luteum timbul karena pendarahan pada waktu pelepasan sel telur.

Darah yang keluar kadang tersamar dengan darah menstruasi. Biasanya, kista korpus luteum menyebabkan sakit di rongga panggul.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x