Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Sakti! Habis Jatuh, IHSG Perkasa Di Akhir Perdagangan

Kompas.tv - 13 Oktober 2020, 16:51 WIB
sakti-habis-jatuh-ihsg-perkasa-di-akhir-perdagangan
Ilustrasi: Pengunjung melintas di dekat monitor yang menunjukkan perkembangan indeks harga saham gabungan (IHSG). (Sumber: KOMPAS/PRIYOMBODO)
Penulis : Dyah Megasari

JAKARTA, KOMPASTV. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), seakan membuktikan kesaktiannya. Digempur habis-habisan di mayoritas perdagangan hari ini, bursa saham justru ditutup menguat 0,78% ke 5.132,57. IHSG naik 39,4 poin di menit-menit akhir penutupan. Ini adalah hari ke-tujuh, indeks saham tutup reli di jalur positif.

198 saham berlari di zona hijau dan 213 saham di zona merah. Sedangkan 182 saham lainnya stagnan. Nilai transaksi harian mencapai Rp 8,9 triliun dengan volume 13,94 miliar saham. Bisa dipastikan, aksi masa menolak omnibus law Cipta Kerja, tidak berpengaruh ke pergerakan IHSG.

Saham perbankan menjadi penyumbang energi terbesar keperkasaan pasar. Saham Bank BRI Syariah (Kode saham: BRIS) memimpin penguatan dengan kenaikan 25% ke 1.125 per unit.

Baca Juga: Tangan Dingin Erick Thohir Bentuk Bank Syariah Raksasa

Menyusul sang anak, induk usaha yaitu Bank Rakyat Indonesia (BBRI) melesat 2,82% ke 3.280. Hari ini, kementerian BUMN memantapkan rencana penggabungan aset alias merger bank syariah BUMN.

Bursa saham juga menguat tepat setelah Bank Indonesia mengumumkan menahan suku bunga acuan di level 4%, demi menjaga kurs rupiah dan berpihak pada pemulihan ekonomi.

(Dyah Megasari)

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x